Muhammad Yassir Arafat : Dakwahkan Nila-nilai Pesantren Melalui Social Media


Rintik hujan menemani perjalanan kami menuju sebuah warung kopi tak jauh dari pondok. Setelah beberapa menit, akhirnya kami pun sampai di warung kopi tersebut. Hari itu kami sudah membuat janji dengan salah seorang kenalan yang menginspirasi kami setelah mengisi acara di pondok pesantren beberapa hari yang lalu. Ia adalah Muhammad Yassir Arafat atau lebih dikenal dalam dunia medsosnya Aro Muhammad. Niat kami memang ingin sedikit mengetahui profil teman santri yang satu ini. Terutama dalam bidang media sosial yang belakangan memang sedang booming dan telah menjangkit di kalangan santri. Selain itu pula, dari pribadinya yang semoga dapat diambil nilai nilai positifnya.

Dilahirkan dengan nama asli Muhammad Yassir Arafat. Sekitar dua puluh enam tahun lalu di sebuah daerah di Sidoarjo, Jawa Timur. Setelah tamat SD ia pindah ke Yogyakarta ikut kedua orang tuanya di daerah Pleret, Bantul, Yogyakarta. Akhirnya ia memulai pendidikan pesantrennya di Yayasan Ali Maksum mulai bangku MTs hingga perkuliahan. Selama di pesantren hingga bangku kuliah ia lebih dikenal dengan nama Aro atau Arafat.

Tak jauh berbeda dengan santri-santri lainnya, kewajiban seorang santri ialah mengaji dan mengabdi. Ia pun menjalani kewajiban tersebut. Selain tekun dalam mengaji, ia pun berhasil membuat dunia pesantren menjadi dikenal masyarakat luas melalui media-media sosial yang akhir-akhir ini memang  sedang booming di kalangan anak-anak muda maupun orang tua yang ‘kekinian’. Ia memanfaatkan media Instagram untuk mendakwahkan islam yang rahmatan lil ‘alamiin itu.

Semua berawal dari sebuah keisengan membuat akun Instagram yang konten-kontennya tentang santri. Akun yang ia buat bernama  ala_santri. Saat itu hanya iseng-iseng membuat akun instagram yang memang saat itu belum terlalu dikenal, apalagi oleh kalangan santri. Selain itu pula media Instagram ini belum  support di semua handphne berbasis android. Saat itu masih sebatas handphone  yang mempunyai sistem operasi Iphone. Tepatnya pada awal-awal tahun 2014 yang lalu. Namun lambat laun media sosial berkembang pesat hingga sampai pada sudut-sudut pesantren, apalagi pesantren yang notabene selain nyantri juga menyandang status mahasiswa. Semakin lama semakin 
banyak saja follower akun yang ia buat tersebut dikarenakan konten-konten yang diposting memang bernilai pesantren dan dakwah, yang menarik bagi siapa saja yang melihat gambar atau menonton videonya.

Bermula dari keisengan tersebut, kemudian semuanya menjadi berubah. Media sosial yang awalnya belum begitu dikenal masyarakat luas dan konten-kontennya masih sebatas apa adanya kini akun ala_santri telah memiliki pengikut kurang lebih 35 ribu follower. Kuncinya adalah keistiqomahan dalam memposting konten. Ilmu di pesantren ia terapkan dalam mengunggah konten yang berupa foto-foto hasil editan maupun video tentang santri kreatif tersebut.Saat ini ia selaku admin Instagram ala_santri sudah semakin jauh dalam menggeluti bidang sosial media, terutama Instagram ini. Sehingga ketika saat itu dibentuk sebuah perkumpulan admin-admin santri ia pun diikutkan di dalamnya. Namanya saat itu ialah AIS (Admin Instagram Santri). Saat ini AIS berganti nama menjadi Arus Informasi Santri karena memang media yang dimasuki tidak hanya sebatas Instagram. Namun bisa berupa Twitter, Facebook, Youtube,dan Website. 

AIS sendiri memiliki kegiatan untuk mensosialisasikan mengenai sosial media di kalangan santri. Berdiri pada tahun 2015 dan diresmikan bertepatan dengan Hari Santri Nasional. Selain itu adanya akun-akun instagram santri supaya masyarakat mengenal lebih dekat dengan dunia pesantren dan bagi para alumni pesantren menjadi ingat pondoknya dulu. Selain mengelola akun Instagram, ia bersama-sama teman admin juga kemudian membuat sebuah buku kumpulan karya teman-teman yang memiliki passiondi dunia tulis menulis. Sehingga terbitlah sebuah buku berjudul ‘Ala Santri.’ Selain itu, produk-produk lain yang berbau santri pun sedang dalam tahap perkembangan. Akun ala_santri memberikan jalan bagi masyarakat luas untuk berkesempatan mengenal lebih dalam kehidupan di pesantren, semisal ada hal-hal unik di dalamnya. 

“Ketika di luar sana orang-orang luar pesantren pernah berkemah beberapa hari saja dan kegiatannya banyak tentang kebersamaan, bayangkan yang di pesantren yang bertahun-tahun hidup 24 jam bersama-sama. Tentu akan membawa kenangan pada setiap orang  yang pernah merasakan mondok  di pesantren”, ungkapnya.

Berkaca mata dengan perawakan  sedikit kurang berisi. Begitulah sedikit gambaran dirinya.  Kini , ia telah mengabdi  di pesantren. Mengajar  di almamaternya, tepatnya di MTs Ali Maksum sambil nyambi kerja pada sore harinya. Meski saat ini ia telah boyong, namun tekad untuk mengabdi  dan menyuarakan pesantren kepada masyarakat luas selalu tertancap kuat di dadanya. Terutama yang ada hubungannya dengan media sosial. Mengakhiri tulisan ini, kami mengutip mottonya “Hargailah proses, meskipun itu sepele”. 

Sekian, semoga dapat menginspirasi. (Ch.LQ)


COMMENTS

Nama

Ala Islam,2,Bahtsul Masail,6,Bilik Kitab Kuning,2,cerpen,15,figur ulama,7,Humor Santri,4,Ipin dan Iman,3,kesehatan,2,LQ Zone,13,Nasihat,6,opini,14,profil santri,3,Puisi,9,Redaksi,2,tajuk utama,20,teknologi,5,Wawancara,1,
ltr
item
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner: Muhammad Yassir Arafat : Dakwahkan Nila-nilai Pesantren Melalui Social Media
Muhammad Yassir Arafat : Dakwahkan Nila-nilai Pesantren Melalui Social Media
https://3.bp.blogspot.com/-x8W2VM3saFg/WppOh6_ytLI/AAAAAAAAAXY/rqcMvnILaEAmji1frNJeKhUFNSm2zWM5QCLcBGAs/s200/A9R1dfmzw9_1jwna7c_3zg.png
https://3.bp.blogspot.com/-x8W2VM3saFg/WppOh6_ytLI/AAAAAAAAAXY/rqcMvnILaEAmji1frNJeKhUFNSm2zWM5QCLcBGAs/s72-c/A9R1dfmzw9_1jwna7c_3zg.png
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2018/03/muhammad-yassir-arafat-dakwahkan-nila.html
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2018/03/muhammad-yassir-arafat-dakwahkan-nila.html
true
5050469009596547954
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy