Ketika Sang Takdir Menjawab

Oleh Rahman

Mentari pagi menyapa mesra penduduk bumi. Menyusup di antara ranting-ranting pohon Mangga yang masih hijau. Tetesan embun pagi pun masih menempel di dedaunan taman depan masjid putra. Seperti biasanya, dua orang santri putri membuang sampah ke belakang asrama. Satu-satunya akses menuju belakang asrama adalah dengan melewati sebuah gang yang masih wilayah santri putra. Aku baru saja selesai sorogan dengan Ustadz Tofa di masjid. Aku pun berniat menuju kamar. Tiba-tiba di gang tersebut langkahku mendadak terhenti.

MasyaAllah…… Subhanallah...
Dia tersenyum kepadaku. “Setidaknya senyuman manisnya itu memberikan secuil harapan”, batinku dalam hati. Dengan tanpa basa-basi aku pun membalas senyumannya. Tiba-tiba, Rudi pun menepuk punggungku dari belakang. 
“Hayo… lagi liatin siapa?“ 
“Nanti aku ceritain”, jawabku padanya. 
Keesokan harinya, aku pun langsung mengajak Rudi pergi ke angkringan ‘Mbahe’ biasanya. Setibanya di sana, Rudi pun menyapa.
“Gimana bro, katanya mau cerita?”
“Ya nih, begini Rud, tahu nggak... Nuzula itu loh… Dia manis kan? 
Hayoooo jujur, hehe…”, aku terkekeh.
“Ya emang manis, kenapa emang?”, Rudi menanggapi santai.
“Entah kenapa ya, tanpa sengaja aku melihatnya tersenyum padaku, itu loh ketika Aku pulang dari masjid kemarin…”
“Mungkin suka kamu.. kejar aja bro.., jarang-jarang loh dapat cewek semanis dia..”, tiba-tiba nadanya  berubah semangat.
“Ya Aku juga sebenarnya udah suka lama lho, sama dia..., suka lahir batin deh... heeee…”, entah kenapa tiba-tiba rasa bahagia menyusup dalam hatiku.
“Semangat …..kejar dia terus kawan”
“Siap bro… bantuin Aku ya…”
“Ok.. Siap,,, aku bantu sebisa aku dan selalu dukung deh, Kamu kan teman baikku…..”, jawab Rudi, sepertinya sangat serius.

Kami pun akhirnya mengakhiri obrolan di angkringan biasa kami nongkrong itu. Dan pulang ke pesantren dengan sejuta rasa.

***

Keesokan harinya, di persimpangan jalan menuju pulang, Aku pun dikagetkan dengan Nuzula yang sedang berjalan bersama temannya. Tanpa sengaja Aku pun menatapnya dan tersenyum padanya. Dia pun membalas senyumanku. “ MasyaAllah… mimpi apa semalam”, hatiku berdesir hebat. Setalah kejadian ini Aku pun semakin yakin bahwa dia pasti menyimpan perasaan denganku. 
Akhirnya aku pun memberanikan diri mendekati dengan berbagai cara untuk mengetahui perasaannya.
“Eh Rud, besok ikut sholawatan yuk? Kayaknya besok dia datang deh.. jarang-jarang loh Habib Syech datang ke sini”, ajakku pada Rudi suatu hari.
Malam harinya pun kami langsung berangkat menuju lokasi. Setibanya di sana, Rudi pun menepuk punggungku, “Sssstttttt…wah manisnya senyumannya bro..” 
“Emang siapa Rud? Ya itu, si dia kamu sukai. 
“Wah Rud, jangan ngeliatin terus nanti kena pelet lagi, senyumannya kan mengandung hipnotis”, candaku padanya.

“Wah kenapa dengan hatiku ini? Perasaan yang tak menentu pun selalu membayangi tiap langkahku.. Apakah ini yang dinamakan cinta sejati? Tapi bagaimana dengan perasaanya? Samakah perasaaanya denganku ataukah sebaliknya”, gumamku dalam hati. Keesokan harinya, Aku pun mengajak Rudi tuk memberanikan diri menemuinya, dan  mengungkapkan apa yang aku rasa selama ini.

Akhirnya, di Bulan spesial, tepatnya tanggal 1 Muharram yang berbarengan dengan tahun baru Islam, Aku pun memberanikan diri untuk menemuinya. Sebelumnya pun Aku telah menyuruh Rudi untuk menghubunginya. Hari demi hari pun terlewati, dengan bantuan Rudi Aku pun berangkat menuju alun-alun untuk menemuinya dan mengungkapkan segala persaan Aku yang telah lama kupendam. Sebuah resiko besar bagi seorang santri biasa sepertiku.

Setibanya di sana, dengan ditemani keramaian malam dan indahnya petasan, Aku pun mendekatinya. Dengan jantung dag dig dug disertai muka pucat, Aku pun mencoba mengungkapkan rasa dan keseriusan ini. 

“Nuzula…,” perlahan aku memulai percakapan. “Kita kan sudah sama-sama dewasa, tujuanku menemuimu hanya ingin mengungkapkan perasaanku dan keseriusanku tuk menjalani hubungan lebih dari sekedar pacaran. Maukah kamu menjadi sosok bidadari dalam hatiku dan kehidupaaku? Aku yakin kamu kaget dengan ungkapanku ini, tapi percaya lah Aku selalu menjagamu dan menyangimu semampuku.”

Nuzula pun menjawab dengan senyuman khasnya, Manis. “Kamu tahu nggak ? Ketika itu, Aku pun sudah menaruh hatiku padamu. Tapi maaf sebelumnya, untuk sekarang hatiku sudah menjadi milik orang lain. Untuk sekarang dan selamanya. Karena sudah ada sosok laki-laki yang sudah memberanikan diri datang ke rumahku dan menemui orang tuaku”.
Bagai petir menyambar tubuhku di siang bolong. Hatiku hancur berkeping-keping. Pupus sudah harapan bersanding dengannya. Mengarungi samudera kehidupan. Cinta yang kuanggap suci ini ternyata memilih takdirnya sendiri. Hati tak bisa memaksakan takdir. Bila memang jodoh, pasti Allah akan mempertemukan dengan seseorang yang tepat dan di saat yang tepat pula. Tak harus dengan pemilik nama Siti Firdaus Nuzula itu. Yaa muqollibal qolbiy tsabbit qolbiy ‘alaa diinik. Mantabkan hati ini untuk selalu dapat menjalani ketentuanMu Ya Robb......

COMMENTS

Nama

Ala Islam,2,Bahtsul Masail,6,Bilik Kitab Kuning,2,cerpen,14,figur ulama,7,Humor Santri,4,Ipin dan Iman,3,kesehatan,2,LQ Zone,13,Nasihat,6,opini,14,profil santri,3,Puisi,9,Redaksi,2,tajuk utama,20,teknologi,5,Wawancara,1,
ltr
item
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner: Ketika Sang Takdir Menjawab
Ketika Sang Takdir Menjawab
https://4.bp.blogspot.com/-95CiXhIC8ek/WppTqbc21qI/AAAAAAAAAYI/b9b6TyW1e5MlCnuc_V6MKUxZ1DgUSiQ1gCLcBGAs/s320/18bde5c4-743a-4cdf-b1e6-d2603e07d565.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-95CiXhIC8ek/WppTqbc21qI/AAAAAAAAAYI/b9b6TyW1e5MlCnuc_V6MKUxZ1DgUSiQ1gCLcBGAs/s72-c/18bde5c4-743a-4cdf-b1e6-d2603e07d565.jpg
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2018/03/ketika-sang-takdir-menjawab.html
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2018/03/ketika-sang-takdir-menjawab.html
true
5050469009596547954
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy