Iringi Maksiat dengan Kebaikan




Oleh Wafik Ulinnuha


Zaman dahulu ada seorang lelaki menghadap kepada Nabi. Lelaki tersebut berkeluh kesah tentang kehidupannya. Dia menceritakan keluh kesahnya mengenai ekonomi, keluarga, dan berbagai hal lainnya. Semua keluh kesahnya itu ia ceritakan kepada Nabi. Dengan harapan setelah menceritakan permasalahnya tadi akan mendapatkan solusi dari Nabi. Kondisi orang tersebut dari sisi ekonomi tergolong susah, dalam urusan rumah tangga pun sering ribut dengan istrinya.
Nabi kemudian memberikan solusi kepadanya, yang disebutkan dalam sebuah hadis. Yang pertama,
وَأَتْبِعْ اَلسّيئَةَ الحَسَنَةَ تَمْحُهَا
“Ketika setelah melakukan maksiat maka iringilah dengan kebaikan.” Persoalan itu bisa jadi karena ketika kita buntu dalam beberapa persoalan tentang kehidupan tidak mengiringinya dengan kebaikan. Maka Nabi sangat menganjurkan berbuat baik setelah melakukan maksiat (contoh setelah maksiat lalu wudlu, sholat sunnah, dan sodaqoh). Kebaikan apapun yang bisa dilakukan.
Hadist yang kedua yaitu خَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَن (waholiqinnas bilhuluqin hasanin). Ketika bergaul dengan teman, saudara, menggunakan akhlaq yang baik. Dengan lantaran itulah kita dapat keluar dari kebuntuan persoalan dunia. Tapi jangan lantas kita menipu mereka dengan mengada-ada berbuat buruk sebelum berbuat baik.
Laki-laki tersebut bertanya kenapa umat Nabi mengapa tidak berumur panjang? Lalu Nabi menjawab, “Umur umatku itu lebih pendek dari umat sebelumku, maka dari itu janganlah perpendek umurmu dengan kesusahan dan kerepotan. Maka itu akan sia-sia.” Karena kebanyakan umur umat nabi itu hanya 80 tahun, jika umur umat Nabi mencapai 150 tahun pun akan merepotkan anak cucunya. Maka umur yang pendek tersebut dimanfaatkan dengan baik agar dapat digunakan untuk beribadah.
Ketika orang tersebut beribadah dengan serius maka akan tenang, Imam Ghozali berkata sebuah hadist qudsi amlau qolban ghinnah. Allah akan memberkan kekayaan hati bagi seseorang yang beribadah dengan serius. Ibadah serius yang di maksud dapat berupa sholat jamaah dengan khusyuk.
Wa amla’u yadahu rizqan. Dan allah akan memenuhi tangannya dengan rizqi yang cukup. Artinya, ketika seseorang melakukan sesuatu dengan tangannya maka akan bermanfaat (jika ia memegang sesuatu, maka akan menjadi bermanfaat, misal barang jualannya laku di jual). Namun sebaliknya, jika kita jauh dari Allah maka hatinya akan di penuhi kefakiran, segala sesuatu akan terasa kurang. Hati kita akan merasa kurang jika diberi sesuatu. Lebih parah lagi tangan kita akan disibukkan oleh Allah tapi tidak mendapatkan hasil. Sibuk dari pagi bekerja hingga sore, namun ketika pulang tidak membawa apa-apa. Melainkan hanya membawa hal-hal yang membuat hati tidak tenang. Seperti mudah marah ketika tidak mendapatkan hasil. Semoga kita selalu diberi petunjuk dan dimudahkan dalam segala urusan. Wallahu A’lam.

Sumber : Pengajian Malam Selasa Abah Naim Salimi

COMMENTS

Nama

Ala Islam,2,Bahtsul Masail,6,Bilik Kitab Kuning,2,cerpen,15,figur ulama,7,Humor Santri,4,Ipin dan Iman,3,kesehatan,2,LQ Zone,13,Nasihat,6,opini,14,profil santri,3,Puisi,9,Redaksi,2,tajuk utama,20,teknologi,5,Wawancara,1,
ltr
item
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner: Iringi Maksiat dengan Kebaikan
Iringi Maksiat dengan Kebaikan
https://3.bp.blogspot.com/-N4ZDhahVqyY/WpoSRINrRxI/AAAAAAAAAWA/YPm-kfexUBQ6pa87bHYBMCj7b-pi1G_OQCLcBGAs/s320/ac782720-e97a-409a-bc24-f037354959cb.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-N4ZDhahVqyY/WpoSRINrRxI/AAAAAAAAAWA/YPm-kfexUBQ6pa87bHYBMCj7b-pi1G_OQCLcBGAs/s72-c/ac782720-e97a-409a-bc24-f037354959cb.jpg
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2018/03/iringi-maksiat-dengan-kebaikan.html
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2018/03/iringi-maksiat-dengan-kebaikan.html
true
5050469009596547954
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy