Akhmad Ali Mukhlis : Pesan Menarik dari Santri Hore dan Duta Kondangan


“Manusia dalam mengarungi samudera kehidupan di dunia ini tentu tak bisa jauh dengan manusia lainnya. Saling membantu dan melengkapi satu sama lain. Bersosial adalah satu-satunya pilihan agar hidup menjadi indah nan penuh warna. Seperti halnya pelangi dengan perpaduan warna yang berbeda-beda padanya. Karena justru dengan perbedaan warna itulah yang membuat pelangi nampak indah dipandang manusia di atas bumi ini.”

Kehebohan perayaan Hari Santri Nasional yang belum sampai setahun yang lalu tentu masih ada di benak teman-teman santri. Tentu, karena perayaan hari santri ini masih terbilang baru dan menjadi rintisan program kerja Kementerian Agama.. Semoga peringatan Hari Santri yang akan diadakan pada tahun ini tak kalah meriah dan semakin meningkatkan kualitas para santri Indonesia tentunya. Dengan perayaan tersebut, tentu sangat meriah dan antususiasme para santri sangat terlihat. Banyak even dan lomba pada saat itu. Salah satunya dimeriahkan oleh adanya kompetisi Duta Santri Nasional. Penilaiannya tak hanya dari faktor cantik dan tampan saja, melainkan kecerdasan dan hal lain yang tentu para juri yang lebih paham.

Jika di pesantren-pesantren seantero nusantara ini heboh dengan adanya pemilihan duta santri beberapa waktu yang lalu, di PPLQ (sebutan untuk Ponpes Al Luqmaniyyah) sendiri pun tak mau kalah hebohnya. Beberapa bulan lalu, tidak lama setelah perayaan Hari Santri Nasional, ada gelar “duta” di PPLQ. Dua istilah duta baru tersebut adalah “Duta Kantin” dan “Duta Kondangan.” Duta Kantin yang diberikan oleh Lamasta Grup, nama BUMP (Badan Usaha Milik Pesantren) di PPLQ dan predikat Duta Kondangan yang diberikan oleh LPPM (Lembaga Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat) sub bidang Alumni dan Santri. Gelar Duta Kantin diberikan karena keseringannya membeli di kantin pesantren sedangkan Duta Kondangan disematkan karena sering ikut dalam acara kondangan ke pernikahan santri ataupun para alumni. Memang sedikit unik, meskipun juga tak begitu menarik bagi sebagian orang.

Salah satu duta tersebut yang dalam hemat penulis menarik (bukan berarti yang lain tidak menarik) adalah Duta Kondangan. Akhmad Ali Mukhlis, penyandang gelar “Duta Kondangan” tersebut. Ia merupakan salah satu santri di PPLQ ini terkenal dengan kegokilan dan kekocakannya di manapun dan kepada siapapun. Dalam situasi dan kondisi apapun. Bahkan ketika dalam suasana serius pun, ia masih bisa mencairkan suasana. Kang Muklis, begitu ia akrab dipanggil. Santri asal Jambi yang saat ini menginjak tahun keenam di pesantren.

Setiap orang, bahkan setiap santri tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang melekat pada dirinya. Pandangan setiap santri pun berbeda-beda. Tergantung dari sudut mana ia memandang dan kepada siapa yang dipandang. Begitu pula dengan pribadi yang satu ini. Ia mengakui bahwa dirinya memang tidak bisa apa-apa. Baik dalam hal ngaji di pesantren maupun di perkuliahan. “Karena saya merasa tidak bisa apa-apa, pokoknya prinsip saya bisa membuat orang lain tertawa”, katanya. Namun dibalik kekurangannya tersebut, ada sisi menarik dan unik di dalam dirinya. Prinsip yang patut dicontoh oleh para santri lainnya. Prinsip itu ia dapatkan dari nasehat ayahnya, “Lakukanlah apapun yang kamu bisa untuk orang lain, semampumu”, begitulah prinsip yang selalu ia pegang hingga saat ini. Mungkin dua prinsip inilah hingga membuat ia dijuluki Santri Hore oleh para santri putra PPLQ. Prinsip selalu menciptakan kelucuan dan tawa sehingga orang lain dapat tertawa bahagia pula.

Lalu apa kaitannya dengan predikat Duta Kondangan? Setelah ditanya tentang apa motivasinya selalu ikut setiap kali ada acara pernikahan santri atau alumni, ia mengatakan bahwa dirinya ingin selalu serawung dan ingin hidupnya berkah. “Mumpung masih di Jawa, serawung, agar hidupnya berkah. Saya sudah izin bapak kalau aku ingin selalu ikut kondangan, dan itu beliau izinkan”, tambahnya. Nabi Muhammad pernah bersabda, “Kun aliman, au muta’alliman, au mustami’an, au muhibban, wa la takun khomisan, fatahlik!”. Jadilah kamu pengajar, atau pembelajar, atau pendengar, atau pencinta, dan jangan jadi (golongan) yang kelima, maka kamu akan rusak.


Jika melihat hadits ini dan kita kaitkan dengan hal di atas, mungkin Kang Mukhlis ini bisa masuk pada kategori yang keempat, yaitu Muhibban (orang yang mencintai ilmu dan ahli ilmu). Jangan sampai menempati urutan yang terakhir, yaitu orang yang membenci pecinta ilmu, mengganggu ulama, dan tidak menghormati siapapun yang sedang dalam proses mencari ilmu (santri). Semoga bermanfaat dan bisa diambil hikmahnya. “Undzur maa qoola wa laa tandzur man qoola.” Lihatlah isi dari sebuah perkataan, jangan melihat siapa yang mengatakannya. (Ipin dan Kharis).

COMMENTS

Nama

Ala Islam,2,Bahtsul Masail,6,Bilik Kitab Kuning,2,cerpen,14,figur ulama,7,Humor Santri,4,Ipin dan Iman,3,kesehatan,2,LQ Zone,13,Nasihat,6,opini,14,profil santri,3,Puisi,9,Redaksi,2,tajuk utama,20,teknologi,5,Wawancara,1,
ltr
item
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner: Akhmad Ali Mukhlis : Pesan Menarik dari Santri Hore dan Duta Kondangan
Akhmad Ali Mukhlis : Pesan Menarik dari Santri Hore dan Duta Kondangan
https://1.bp.blogspot.com/-mELNFHUV6HI/WazUS-JQKOI/AAAAAAAADBE/H0FDWZu1k8gXqj3bjB-cKupfJX1t6l8EACLcBGAs/s320/IMG-20170526-WA0006.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-mELNFHUV6HI/WazUS-JQKOI/AAAAAAAADBE/H0FDWZu1k8gXqj3bjB-cKupfJX1t6l8EACLcBGAs/s72-c/IMG-20170526-WA0006.jpeg
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2017/09/akhmad-ali-mukhlis-pesan-menarik-dari.html
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2017/09/akhmad-ali-mukhlis-pesan-menarik-dari.html
true
5050469009596547954
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy