Pantaskah SLANK Jadi Duta Santri


Oleh    : Oki Dwi Rahmanto
Cerita Santri Gaul, yang biasanya memakai sarung ,peci 
Salah satu rangkaian dalam acara perayaan hari santri yang diselenggarakan pada tanggal 26 -30 Oktober 2016 di Maguwoharjo, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu pentas kesenian dan musik. Acara tersebut di meriahkan dengan mengundang band-band ternama di Indonesia, salah satunya yaitu Band Slank. Penampilan Slank dalam acara tersebut diselenggarakan tepatnya pada hari  Juma’at (28/10/2016) di Maguwoharjo, Sleman. Dari sekian lagu lama yang dinyanyikan, seperti Ku Tak Bisa Jauh Darimu, Tong Kosong Bunyi Nyaringnya, Virus maupun yang lainnya mampu membius ribuan warga jogja dalam gelaran perayaan tersebut.
Slank merupakan Band legendaris yang terkenal akan banyaknya Fans yang hampir tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Acara tersebut juga dibarengi dengan adanya pemilihan duta santri nasional 2016 yang digagas oleh Pengurus Pusat Rabithah Ma’hadi Islamiyah NU ( PPRMINU ). Slank pun kembali menjadi sorotan masyarakat luas khususnya dari kalangan santri kaitannya dengan dinobatkannya Slank menjadi Duta Santri Nasioanal 2016. Namun pemilihan ini dirasa masih menimbulkan pro dan kontra. Alasanya simple mengapa pihak PPRMI-NU menobatkan Slank menjadi duta santri nasional? Karena kita ketahui Duta Santri bukanlah hanya menjadi simbol belaka akan tetapi duta santri merupakan cerminan dari santri itu sendiri.
Pasalnya bila dipandang secara kasat mata, kita ketahui band legendaris tersebut sangat jauh dari sosok santri, bahkan lagu-lagu yang dibawanya tidak mengarahkan ke genre dakwah. Ditambah lagi dengan adanya foto-foto setengah telanjang yang banyak tersebar di dunia maya. Dari fakta diatas mungkin akan terbesit dibenak kita apakah PPRMI-NU salah memilih duta santri nasional 2016? atau ada alasan lain kah? Tapi bila kita melihat dari banyaknya Fans slanks/slankers yang tersebar di Indonesia, mungkin pihak PPRMI-NU mencoba  mengenalkan terhadap masyarakat luas apa itu pesantren dan apa itu santri.
Dikutip dari kr.jogja.com ketua PPMI-NU Abdul Ghofar Rozirn mengatakan, “selama ini Slank dianggap jauh dari santri dengan slankersnya  yang memang memiliki cara hidup yang beragam. Tapi disini kami ingin sampaikan bahwa pesantren welcome pada slankers dan sebaliknya slankers bisa dekat dengan pesantren, “ Ungkapnya. Selain itu, Slank juga tampil berbeda di Maguwoharjo, pasalnya Slank juga menggunakan sarung dalam pentasnya. Sementara untuk penonton yang ingin menyaksikan Slank dalam konser bertema “ nyantri bareng slank” ini panitia tak mematok harga tiket masuk. “ gratis tapi syaratnya semua harus menggunakan sarung, kalau tidak membawa besok di pintu masuk dijual sarung dengan harga yang sangat-sangat murah, itu aja syaratanya,” imbuh Ghofar.
Dari kutipan diatas kita dapat mengambil garis merah mengapa PPMI-NU menobatkan Slank menjadi duta besar santri 2016? apabila kita telisik lagi, NU merupakan organisasi yang sangat terbuka dan toleran terhadap masyarakat, dari sini lah PPMI-NU mencoba merangkul Slank dan Slankersnya untuk dekat dengan pesantren dan mengenalkan terhadap bahwa pesantren sangat welcome terhadap semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Selain itu PPMI-NU juga mencoba mengenalkan apa itu budaya santri dan indahnya hidup menjadi santri seperti halnya himbauan memakai sarung ketika konser bagi slank atau slankers yang mana hal tersebut merupakan budaya santri itu sendiri.
Tanpa kita sadari Slanks dalam setiap aksi manggungnya juga selalu mengingatkan terhadap Slankers untuk tidak terjerumus kelembah hitam, seperti mabuk-mabukan, narkoba, bahkan agar selalu piss terhadap Slankers yang lain supaya tidak jotos-jotosan dalam menikmati musiknya. Menurut hemat penulis hal ini merupakan usaha Slank untuk berdakwah dan memberi pemahaman terhadap penggemarnya agar menjauhi hal terlarang tersebut.
Dari uraian diatas mungkin kita patut pahami juga “ Menilai orang dari luar adalah salah satu hal termudah di dunia. Padahal jangan lupa, kita diprogram untuk mampu mengerti berbagai macam nuansa.” Memahami seseorang bukanlah dari segi penampilan saja atau latar belakangnya, tapi lihatlah juga dari hal positif yang dilakukannya.[]

COMMENTS

Nama

Ala Islam,2,Bahtsul Masail,6,Bilik Kitab Kuning,2,cerpen,14,figur ulama,7,Humor Santri,4,Ipin dan Iman,3,kesehatan,2,LQ Zone,13,Nasihat,6,opini,14,profil santri,3,Puisi,9,Redaksi,2,tajuk utama,20,teknologi,5,Wawancara,1,
ltr
item
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner: Pantaskah SLANK Jadi Duta Santri
Pantaskah SLANK Jadi Duta Santri
Salah satu rangkaian dalam acara perayaan hari santri yang diselenggarakan pada tanggal 26 -30 Oktober 2016 di Maguwoharjo, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu pentas kesenian dan musik. Acara tersebut di meriahkan dengan mengundang band-band ternama di Indonesia, salah satunya yaitu Band Slank. Penampilan Slank dalam acara tersebut diselenggarakan tepatnya pada hari Juma’at (28/10/2016) di Maguwoharjo, Sleman. Dari sekian lagu lama yang dinyanyikan, seperti Ku Tak Bisa Jauh Darimu, Tong Kosong Bunyi Nyaringnya, Virus maupun yang lainnya mampu membius ribuan warga jogja dalam gelaran perayaan tersebut. #slank #slankers #santri #alasantri #santri Duta Santri, Kebiasaan santri santri putri santri hits santri gaul
https://2.bp.blogspot.com/-_-wOUkjph-8/WDh22X8Yk9I/AAAAAAAAABM/88A4dNfhYfUSf_WIsb39r_Ik3RLECEG9wCLcB/s200/slank.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-_-wOUkjph-8/WDh22X8Yk9I/AAAAAAAAABM/88A4dNfhYfUSf_WIsb39r_Ik3RLECEG9wCLcB/s72-c/slank.jpg
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2017/02/slank-pantaskah-jadi-duta-santri.html
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2017/02/slank-pantaskah-jadi-duta-santri.html
true
5050469009596547954
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy