Resolusi 2017 ? Resolusi Suka-Suka


Oleh : Syarifuddin Musthofa

Kerap muncul dalam  kehidupan mahasantri sebuah pernyataan “kita harus meninggalkan sesuatu yang kita sukai, dan melakukan sesuatu yang tidak kita sukai”. Meninggalkan kesukaan dan melakukan ketidaksukaan tersebut mungkin relevan jika awalnya kita menyukai maksiat. Kita meninggalkan maksiat untuk melakukan taat. Pada kenyataanya, Mahasantri menyukai ngaji, diskusi dan segala macam bentuk kajian keilmuan Islam serta tidak menyukai maksiat. “Apakah berarti kita harus meninggalkan ngaji dan melakukan maksiat?”.

Mungkin diantara pembaca saat ini sedang berfikir “Bodoh banget sih, penulis  ini, masa kayak gitu masih dibahas, kaya anak TK aja….”. lhooo … kalo anak TK aja bahas kayak gitu, masa mahasantri gak pernah bahas sama sekali, kalah dong sama anak TK?.  

Jika memang akan dibahas, pertama kita bahas istilah suka.  Suka atau kesukaan biasa digunakan secara Interchangeble dengan kata lain dalam berbagai keadaan. Pernahkah Anda menemukan kata kesukaan, ketertarikan, kecintaan, keinginan, sayang, nafsu, minat, dll dalam sebuah kondisi yang ambigu? (Tentu saja). Ambilah semisal nafsu/Lust/Desire/Eros /Syahwat  yang sebenarnya bisa diartikan dengan  romantisme cinta atau cinta berdasar seksual atau perasaan jasmaniyah (belum-belum udah bahas ginian, Mau gimana lagi !!! buat menarik perhatian).

Kemudian ada keinginan/Agape/Roghbun- fi/enthusiasm memiliki makna terdekat dengan keinginan manusiawi yang sifatnya lebih umum dan netral. Selanjutnya sayang/storge/love/hubun/’aziiz lebih unik karena maksudnya adalah perasaan kasih sayang terhadap kerabat, keluarga dan sahabat.[1] 

Yang menjadi pembahasan utama dalam tajuk ini adalah sesuatu yang dinamakan Passion dalam bahasa Inggris, Syughifa/Sya’ifa dalam bahasa Arab, Philia dalam bahasa  yunani kuno atau Minat dalam bahasa Indonesia. Berbagai kata tersebut memiliki kesamaan arti yaitu ketertarikan spesial terhadap sesuatu disertai dengan loyalitas.

Tidak perlu dipungkiri dan tidak bermaksud untuk menyombongkan diri, Mahasantri pondok pesantren Al-Luqmaniyyah memiliki minat belajar yang tinggi. Buktinya, mereka mau buka kitab tengah malam, sedang orang lain sedang enak-enaknya tidur. Pada tanggal 31 Desember 2016 dan 1 Januari 2017 Mahasantri tersebut juga mengaji, sementara yang orang lain saling berpasangan menyambut tahun baru. Mungkin memang mereka melakukan semua itu karena terpaksa, atau mungkin mereka memang memiliki Passion untuk mengaji ketimbang pesta hura-hura. Sooo… Kembali ke pertanyaan awal “haruskah kesukaan itu ditinggalkan?”. Jawabanya pasti “tidak”, karena hal tersebut merupakan kebaikan.

Dengan tidak bermaksud membahas lebih jauh mengenai kebaikan, tidak bisa terelakan hal tersebut menimbulkan pertanyaan lagi.
“Darimana kita tahu hal tersebut itu baik?
“Ya karena diperintahkan oleh kanjeng Nabi SAW lah”
Terus timbul pertanyaan baru. “Apa hubungannya, belajar berpanas-panasan, sumpek, gerah, lama, dengan perintah Nabi, bukanya malah mendzolimi diri sendiri?”. “Bukankah mendzolimi diri sendiri itu dilarang?”.

Memang benar belajar tidak harus dengan cara berpanas-panasan dan menyiksa diri. Bisa saja kita belajar diluar ruangan yang sejuk dengan berbagai macam tumbuhan yang menghiasi, bisa saja mereka keluar dengan alasan mampu mengambil ilmu pengajian sambil bermain dan berpesta di luar. Bisa juga malah gak usah ngaji karena ngaji merupakan pendzoliman terhadap diri sendiri.

Tanpa perlu disebutkan berbagai macam dalil, Mahasantri sudah tahu bahwa mendzolimi diri sendiri merupakan hal yang dilarang dalam agama Islam. Mahasantri tetap melakukan kegiatan melelahkan dan menyiksa tersebut disebabkan karena sangat sayangnya mereka terhadap diri sendiri, orang tua, guru, pengasuh serta tentu saja merupakan perwujudan rasa sayang mereka kepada Nabi Muhammad SAW. Demi menunjukan rasa sayangnya, Mahasantri baik secara terpaksa atau suka rela tidak mau meninggalkan suasana yang melelahkan tersebut. Hal tersebut merupakan bentuk pengorbanan dari Passion yang mereka pilih.

Phillia  merupakan sebuah bentuk loyalitas tinggi. Layaknya sebuah tisu yang Hidrophil (baca Hidropillia  = benda  yang suka terhadap air), mereka siap menyerap semua sumber mata air ilmu sampai mereka basah kuyup. Tidak layak bagi siapapun untuk mencapuri sumber air tersebut dengan berbagai macam zat (yang mungkin dianggap baik) yang malah merusak kekuatan tisu. Layaknya tisu yang sudah  basah untuk pembersih galon mineral, mereka tidak akan digunkan untuk membersihkan noda tinta hitam dari spidol atau pena. Mereka lebih kuat dibanding dengan tisu pembersih kering merk apapun. Jadi, biarkanlah mereka menyerap apapun sesuai kehendak mereka. Biarkan mereka menjadi tisu basah pembersih galon mineral yang bertugas  menjaga  kemurnian sumber air ilmu dalam galon. BIARKAN MAHASANTRI MEMILIKI RESOLUSI TAHUN 2017 SUKA-SUKA  MEREKA.



[1] Ken Robinson- Finding Your Element, almaany.com dan Mu’jam Mufasol fi Tafsir Ghoribil Quranil Karim

COMMENTS

Nama

Ala Islam,2,Bahtsul Masail,6,Bilik Kitab Kuning,2,cerpen,14,figur ulama,7,Humor Santri,4,Ipin dan Iman,3,kesehatan,2,LQ Zone,13,Nasihat,6,opini,14,profil santri,3,Puisi,9,Redaksi,2,tajuk utama,20,teknologi,5,Wawancara,1,
ltr
item
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner: Resolusi 2017 ? Resolusi Suka-Suka
Resolusi 2017 ? Resolusi Suka-Suka
https://3.bp.blogspot.com/-JpIylwKt5w4/WKuPC1KDGwI/AAAAAAAACyY/BUFbtmw0qJMRdKypwOzsYppiqY98pqQgQCLcB/s320/20170123085501.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-JpIylwKt5w4/WKuPC1KDGwI/AAAAAAAACyY/BUFbtmw0qJMRdKypwOzsYppiqY98pqQgQCLcB/s72-c/20170123085501.jpg
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2017/02/resolusi-2017-resolusi-suka-suka.html
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2017/02/resolusi-2017-resolusi-suka-suka.html
true
5050469009596547954
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy