Bentuk Cinta Hakiki Yang Sebenarnya


Oleh : Fatih Rif’at Basya

Dikisahkan, bahwa sahabat Ibnu Mas’ud pernah menanyakan kepada Rasulullah SAW, apakah semua orang muslim akan dapat berkumpul di surga nanti. Kemudian Rasulullah menjawab المرء مع من احب , bahwa ketika di surga nanti kita akan bersama-sama dengan orang yang kita cintai. Bentuk cinta yang dimaksud bukan kata cinta yang keluar dari seorang laki-laki yang ditujukan kepada seorang perempuan, akan tetapi cinta yang dimaksud adalah cinta yang mempunyai bukti-bukti di dalamnya. Bukti-bukti itulah yang dapat membuat orang yakin dengan cinta dari diri kita.

Bukti yang pertama yaitu,من أحب شيئ اكثر من ذكر  bahwa seorang yang mencintai sesuatu, maka seorang itu akan selalu menyebut sesuatu tersebut. Sebagai contohnya, ketika seseorang mempunyai HP baru yang sesuai dengan keinginan kita, maka seorang itu akan selalu menceritakan tentang HP barunya kepada semua orang yang dia temui. Demikian juga dengan kita umat Rasulullah SAW, untuk membuktikan kecintaan kita kepada Rasulullah SAW, kita harus sering menyebut beliau. Salah satu media yang dapat kita lakukan yaitu sering membaca sholawat, walaupun kita belum sepenuhnya mengetahui makna dari sholawat yang kita baca. Namun hal tersebut sudah dapat menunjukkan bentuk kecintaan kita kepada Rasulullah SAW, karena cinta itu tidak harus mengetahui bentuk dari sesuatu yang kita cintai.

Bukti yang kedua yaitu,  ان يحدر كلام حببي على كلام غيره. Bahwa orang yang cinta kepada  sesuatu, orang tersebut  akan memilih ucapan orang yang dicintai dan mengalahkan ucapan yang berasal dari orang lain. Jika kita mencintai Rasulullah SAW, maka kita harus memperhatikan semua sabda-sabda Rasulullah SAW. Semua yang beliau sampaikan harus kita laksanakan dengan kesungguhan hati. Kita juga harus berpedoman kepada sabda-sabda Rasulullah di dalam menjalankan ajaran-ajaran agama, karena berpedoman pada sabda-sabda Rasul merupakan salah satu wasiat yang dikatakan langsung oleh beliau Nabi Muhammad SAW sebelum beliau wafat.

Bukti yang ketiga, yaitu selalu menyebut namanya dengan panggilan yang baik. Kita sebagai umat nabi Muhammad SAW, tidak boleh memanggil atau menyebut nama beliau dengan menyebut namanya saja, hal ini disebabkan karena memanggil Nabi Muhammad SAW dengan panggilan Muhammad merupakan salah satu bentuk penghinaan terhadap beliau. Oleh karena itu sebagai penghormmatan sekaligus tanda cinta kepada nabi Muhammad SAW, kita menyebut nama beliau dengan ucapan Nabi Muhammad SAW, atau  dengan Rasul Muhammad SAW. Hal ini disebabkan karena nabi Muhammad SAW bukanlah manusia biasa, beliau adalah utusan pilihan Allah SWT.

Ada sebuah cerita yang mengisahkan  tentang seorang sahabat yang sangat mencintai Rasulullah SAW, sahabat itu bertanya kepada beliau pada tahun terahir dari masa kehidupan beliau, “Ya Rasulullah, apabila engkau meninggal nanti, apakah yang harus aku lakukan sebagai seorang yang mencintaimu ? Apakah aku harus mengikutimu meninggalkan dunia ataukah aku tetap hidup di dunia?”, kata sahabat.  Rasulullah SAW menjawab dengan tafsil.

Pertama sahabat, apabila pemimpin-pemimpin yang terpilih adalah sebagian dari golongan kamu, dan pemimpin-pemimpin itu masih mau bermusyawarah dalam menyelesaikan segala permasalahan, maka hidup di dunia lebih baik daripada mati. Kedua, apabila pemimpin-pemimpin yang terpilih adalah orang-orang jelek dari golongan kamu semua, dan orang-orang kaya hanya memperhatikan urusan mereka sendiri, serta para wanita bertindak semaunya mereka, maka mati adalah pilihan terbaik daripada hidup. Berdasarkan jawaban Rasulullah SAW, maka kita dapat mengambil pelajaran, bahwa apabila kita masih memilih untuk hidup, dan kehidupan itu adalah keidupan yang terbaik, maka kita harus memilih pemimpin dari golongan orang-orang yang amanah.


Semoga bukti-bukti cinta yang terdiri dari tiga perkara di atas ada pada diri kita dan semoga kelak kita termasuk ke dalam golongan orang yang bersama Rasulullah SAW tinggal di surga. Amin.

COMMENTS

Nama

Ala Islam,2,Bahtsul Masail,6,Bilik Kitab Kuning,2,cerpen,15,figur ulama,7,Humor Santri,4,Ipin dan Iman,3,kesehatan,2,LQ Zone,13,Nasihat,6,opini,14,profil santri,3,Puisi,9,Redaksi,2,tajuk utama,20,teknologi,5,Wawancara,1,
ltr
item
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner: Bentuk Cinta Hakiki Yang Sebenarnya
Bentuk Cinta Hakiki Yang Sebenarnya
https://4.bp.blogspot.com/-mCA3BGdKxzU/WKuNqZPCoWI/AAAAAAAACyM/EFjYXpjGw3cp_lgz5jejo8ecZKgG_cxRgCLcB/s320/mahabbah.png
https://4.bp.blogspot.com/-mCA3BGdKxzU/WKuNqZPCoWI/AAAAAAAACyM/EFjYXpjGw3cp_lgz5jejo8ecZKgG_cxRgCLcB/s72-c/mahabbah.png
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2017/02/bentuk-cinta-hakiki-yang-sebenarnya.html
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2017/02/bentuk-cinta-hakiki-yang-sebenarnya.html
true
5050469009596547954
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy