Belajar Ilmu Yakin dari Orang Terdahulu


           
Diceritakan, bahwa pada zaman dahulu adalah zamannya orang ahli yakin. Orang zaman dahulu  mempunyai keyakinan yang sangat kuat, sehingga dengan keyakinan yang kuat tersebut kehidupannya menjadi tentram. Orang, kalau keyakinannya kuat akan semakin tentram kehidupannya, tapi kalu tidak terlalu yakin akan semakin susah. Contoh sederhananya saja, orang ketika yakin kalau calonnya itu masih ada, hidupnya akan tentram-tentram saja, beda dengan orang yang tidak terlalu yakin dengan calonnya itu masih ada atau tidak, ia pasti akan bingung. Ketika kita yakin bahwa kita masih mempunyai calon pasti akan tentram hidup kita, karena kita yakin bahwa calon kita besok pasti akan datang sendiri.

Orang-orang zaman dahulu mempunyai keyakinan yang luar biasa dari bergegas meninggalkan suatu perkara yang tidak mempunyai faedah, karena khawatir kalau perkara tersebut justu menjadikan masalah bagi dirinya sendiri. Berbeda dengan keadaan pada zaman sekarang ini, kebanyakan orang malah melakukan perkara yang tidak ada faedahnya, dalam sehari ketika dikalkulasi mungkin hanya beberapa persen saja perbuatan-perbuatan kita yang berfaedah. Itu semua terlihat ketika kita bermain HP, mungkin setengah hari kita kuat bermain dengannya, tapi ketika membaca al-Qur’an seperempat jam saja sudah merasa lelah luar biasa. Orang dahulu mempunyai kemampuan yang kuat untuk meninggalkan perbuatan yang tidak ada faedahnya, sehingga keyakinan yang ia punya menjadi kuat.
Kemudian penyebab yang menjadikan orang zaman dahulu mempunyai keyakinan yang kuat adalah juga karena mereka berkumpul dengan orang-orang yang yakin. Ketika kita ingin menjadi orang yang yakin maka kita juga harus mencari teman yang keyakinannya juga kuat. Maksudnya adalah ketika kita berteman dengan orang yang keyakinannya itu kurang, dalam artian ragu-ragu  (mamangan) hidup kita juga akan menjadi ragu-ragu. Sekarang ini, antara orang yang mempunyai keyakinan dan orang yang ragu-ragu lebih banyak orang yang ragu-ragu. Janji Allah SWT sudah jelas mengenai jatah rizki yang kita dapat, kita dijatah ini dan itu, itu semua sudah dijanjikan Allah kepada kita, tapi terkadang diri kita ragu-ragu atas semua itu, kita masih berpikir tentang nasib kita di esok hari bagaimana. Padahal kita itu ketika dilahirkan sudah satu paket komplit.
Jadi orang dahulu mempunyai keyakinan yang luar biasa juga karena faktor teman. Berteman dengan orang yang kuat akan menjadikan kita kuat, berteman dengan orang yang sholeh akan menjadikan kita orang yang sholeh pula. Ketika kita ingin menjadi orang yang berkeyakinan kuat maka carilah teman yang keyakinannya juga kuat, jangan teman yang besar keragu-raguannya.
Penyebab selanjutnya adalah cara menyikapi sebuah urusan. Misalnya orang zaman dahulu ketika mendapatkan sesuatu yang besar dari urusan dunia, kemudian menyebabkannya merasa takabur, kecil ataupun besar orang dulu itu menyebut keadaan tersebut sebagi cobaan dari Allah SWT. Berbeda dengan diri kita yang ketika mendapat hal yang sama kok sombong kita malah menyebutnya sebagai nikmat bukan sebagai cobaan. Umumnya ketika kita mendapatkan hal seperti itu kemudian kita sesumbar kepada teman-teman kita perihal hal tersebut. Di sini terlihat perbedaan cara pandang antara orang zaman sekarang dengan orang dahulu. Orang sekarang cenderung memandang hal tersebut sebagai nikmat, sedangkan orang zaman dahulu menyebutnya sebagai cobaan, padahal pada dasarnya antara cobaan dan nikmat adalah dua esensi yang saling berbeda dan tidak bisa disamakan. Masalah yang sama tapi cara mensikapi berbeda akan beraakibat berbeda, nah disitulah diri kita masing-masing dituntut untuk pintar-pintar menyikapi sebuah masalah.
Sikap dalam beragama juga mempengaruhi dalam memupuk rasa yakin, orang dahulu ketika mendapatkan ilmu agama atau hasil akhirat walaupun itu sedikit, mereka menganggapnya sebagai untung yang sangat banyak, jadi sedikit saja ilmu yang ia dapat dilihatnya sebagai untung yang sangat besar. Berbeda dengan diri kita sekarang, ketika mendapat ilmu sedikit, semisal dalam pengajian yang hanya sebentar biasanya kita mengeluhkannya. Berbeda dengan orang zaman dahulu, walaupun pengajiannya sebentar tapi mereka menganggapnya sebagai untung yang sangat besar, sehingga mereka terpacu terus-menerus untuk mencari ilmu agama walaupun itu sedikit.
Yang lebih hebat lagi kenapa orang dahulu mempunyai keyakinan yang sangat kuat adalah karena mereka tidak suka memenuhi perut mereka (berlebihan) dengan hal-hal yang halal, karena dikhawatirkan barang yang halal tersebut tercampur dengan barang yang haram. Jadi walaupun barang tersebut halal mereka tidak berlebihan, tapi diri kita tidak seperti itu, kalau diandaikan mau itu halal ataupun samar bagi diri kita yang penting adalah kenyang. Padahal walaupun sedikit tapi ketika kita kemasukan barang yang samar akan menjadikan susah dalam mendapatkan sebuah keyakinan. Nah, itulah juga penyebab kenapa ketika kita ingin yakin seyakin-yakinnya merasa susah sekali.
Yang terakhir adalah rasa rendah diri yang sering diaplikasikan dalam kehidupan keseharian orang dulu. Mereka ketika memandang orang lain merasa orang tersebut adalah orang yang baik-baik, meyakini orang lain adalah orang yang selamat, orang yang mendapatkan hidayah petunjuk dari Allah SWT. Tapi ketika memandang dirinya sendiri mereka memandang sebagai seorang yang kurang baik. Berbeda dengan keadaan sekarang yang kebanyakan orang memandang dirinya sebagai individu yang paling benar dan paling baik, tetapi ketika melihat orang lain merasa orang lain tersebut salah semua dan itu merupakan cara pandang yang keliru. Jadi orang dahulu memandang orang lain sebagai seorang yang sempurna sedangkan memandang dirinya sebagai orang yang selalu kurang. Cara pandang seperti itulah yang kemudian mendatangkan rasa ingin menjadi semakin baik seperti orang di sekitar kita dan akan menghadirkan kekuatan dan keyakinan yang semakin bertambah.
Semoga diri kita dijadikan orang-orang yang mempunyai keyakinan yang kuat, sehingga hidup kita semakin lama semakin tambah yakin dan mantab dan bermanfaat bagi orang lain. (Fatih Hidayat)


Sumber : Pengajian Rutinan Malam Selasa Abah Na’imul Wa’in).

COMMENTS

Nama

Ala Islam,2,Bahtsul Masail,6,Bilik Kitab Kuning,2,cerpen,15,figur ulama,7,Humor Santri,4,Ipin dan Iman,3,kesehatan,2,LQ Zone,13,Nasihat,6,opini,14,profil santri,3,Puisi,9,Redaksi,2,tajuk utama,20,teknologi,5,Wawancara,1,
ltr
item
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner: Belajar Ilmu Yakin dari Orang Terdahulu
Belajar Ilmu Yakin dari Orang Terdahulu
Orang-orang zaman dahulu mempunyai keyakinan yang luar biasa dari bergegas meninggalkan suatu perkara yang tidak mempunyai faedah, karena khawatir kalau perkara tersebut justu menjadikan masalah bagi dirinya sendiri. Berbeda dengan keadaan pada zaman sekarang ini, kebanyakan orang malah melakukan perkara yang tidak ada faedahnya, dalam sehari ketika dikalkulasi mungkin hanya beberapa persen saja perbuatan-perbuatan kita yang berfaedah. Itu semua terlihat ketika kita bermain HP, mungkin setengah hari kita kuat bermain dengannya, tapi ketika membaca al-Qur’an seperempat jam saja sudah merasa lelah luar biasa. Orang dahulu mempunyai kemampuan yang kuat untuk meninggalkan perbuatan yang tidak ada faedahnya, sehingga keyakinan yang ia punya menjadi kuat. santri keren santri gaul kebiasaan santri #alasantri ayo mondok
https://4.bp.blogspot.com/-nqFrpPq_cFE/WJljXZzLVhI/AAAAAAAAAJg/HmNCBTo9Q6EI_3CK2dj_s8yPO2tLmEvrgCLcB/s200/15535154_1802073650049582_829518125144735744_n.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-nqFrpPq_cFE/WJljXZzLVhI/AAAAAAAAAJg/HmNCBTo9Q6EI_3CK2dj_s8yPO2tLmEvrgCLcB/s72-c/15535154_1802073650049582_829518125144735744_n.jpg
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2017/02/belajar-ilmu-yakin-dari-orang-terdahulu.html
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2017/02/belajar-ilmu-yakin-dari-orang-terdahulu.html
true
5050469009596547954
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy