THIS MEANS WAR !!

Oleh : Ali Mafruhindo*

Sembah puji dari hamba yang hina ini ke bawah telapak kaki sang pelindung jagat. Raja yang senantiasa tenang tenggelam dalam semedi, raja segala raja, pelindung orang miskin, mengatur segala isi negara, merata serta meresapi segala makhluk, nirguna bagi kaum Wisnawa, hartawan bagi Jambala, Wagindra dalam segala ilmu, Raja diraja Asmara di dalam cinta berahi. Sang Yamadi dalam menghilangkan penghalang dan menjamin damai semesta. Semoga nusantara terlindungi dalam naungan sanghyang nan maha tunggal.

 Pahamilah!! Satu hal yang harus diakui betapapun pahitnya bahwa perang sepanjang kehidupan manusia akan selalu terjadi silih berganti corak dan ragamnya. Ibnu Khaldun menyatakan bahwa perang memang telah menjadi tabiat dalam sejarah kehidupan manusia di dunia, dan merupakan Sunnatullah yang telah ada sejak diciptakan sejarah manusia pertama dan turun temurun dari generasi ke generasi berikutnya sepanjang zaman. Michael Raner pernah mengatakan : “Jika anda menginginkan perdamaian, bersiap-siaplah untuk berperang.
Perlu kita ketahui bahwa di masa modernitas saat ini kegandrungan terhadap perang konvensional atau perang militer terbuka mulai meredup pasca berakhirnya perang dunia II (1939-1945), terutama semenjak perang dingin (cold war) usai ditandai dengan jatuhnya Uni Soviet. Bahwa perang merupakan bagian dari hidup manusia maka muncullah beberapa model perang baru sebagai reaksi atas dinamika politik sebelumnya, antara lain adalah proxy war, hybrid war, asymmetric warfare dan currency war.
Mungkin saja bisa dianggap terlalu klasik jika suatu negara di serang oleh negara lain karena kepentingan gold, glory, gospel-nya dengan model perang konvensional yang melibatkan militer dan alutsistanya, karena perang metode demikian akan terasa sakitnya bagi warga negara yang terkena serangan hingga menimbulkan rasa nasionalisme yang tinggi bagi warga negara tersebut dan tentu saja akan memunculkan sebuah perlawanan yang terasa menyakitkan juga. Bukankah “cacing pun akan meronta jika terinjak” dan “singa tetap akan mati sia-sia jika tidak mengetahui daging yang ia makan terdapat racun di dalamnya”.
Perang asimetris (asymmetric warfare) atau smart power adalah perang yang mesti kita waspadai di jaman modern seperti sekarang ini. Perang ini mencakup aspek-aspek astagatra ( yaitu perpaduan antara trigatra: geografi, demografi, dan sumber daya alam). Dan pancagatra : ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya. Perang asimetris selalu melibatkan peperangan antara dua aktor atau lebih, dengan ciri menonjol dari kekuatan yang tidak seimbang.
Ryamizard Ryaccudu memaknai asymmetric warfare sebagai perang non militer atau dalam bahasa populernya dinamai smart power, perang dengan metode semacam ini merupakan perang non konvensional, tetapi memiliki daya hancur lebih dasyat dari bom atom. “Jika Jakarta di bom atom, daerah-daerah lain tidak terkena tetapi bila dihancurkan menggunakan asymmetric warfare maka seperti penghancuran sistem di negara ini, hancur berpuluh-puluh tahun dan menyeluruh,” ujar ryamizard (29/1/2015).
Sasaran perang non militer ini tidak hanya pada satu aspek tetapi juga bermacam-macam aspek yang dapat dilakukan secara bersamaan, atau secara simultan dengan intensitas berbeda. Kelaziman sasaran pada perang asimetris ini ada tiga: pertama, belokkan sistem sebuah negara sesuai kepentingan kolonialisme. Kedua, lemahkan ideologi serta ubah pola pikir rakyatnya. Dan ketiga hancurkan ketahanan pangan dan energi security. Selanjutnya si penyerang akan menciptakan ketergantungan negara target atas kedua hal tersebut food and energy security maksudnya. Ketiga sasaran tersebut jelas bermuara pada kontrol ekonomi dan penguasaan sumber daya alam sebuah negara. Hendaknya kita sebagai warga negara yang menghendaki keutuhan NKRI berwaspada akan hal ini. Coba kita perhatikan doktrin yang ditebar oleh Henry Kissinger di panggung politik global: “control oil and you control nations, control food and you control the people.”.
Hal yang perlu kita ketahui dan ingat baik-baik bahwa perang ini juga meliputi aspek-aspek astagatra ( yaitu perpaduan antara trigatra: geografi, demografi, dan sumber daya alam). Dan pancagatra : ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya. Bayangkan!! Eurosentris sebagai keniscayaan, sebuah keniscayaan yang menggiring pola pikir bahwa kebenaran menurut mereka hampir mutlak sebagai standarisasi ilmiah dalam kajian pendidikan di dunia secara umum dan di Indonesia secara khusus. Pengetahuan yang direkontruksi oleh kepentingan-kepentingan imperealis gaya baru yang berlangsung secara masif dan sangat terstruktur bahkan berlembagakan pasti meninggalkan ekses pada pola pikir bangsa yang tersetir dengan rapih sebagai gelombang MAUT yang akan menghempaskan nilai-nilai kebangsaan dari dalam menuju hegemoni kefakiran dan kelaparan akan budaya kultural yang ada di suatu negara.
Penggiringan akan adanya kiblat keilmiahan yang dibawa oleh penjajah yang segala sesuatu harus distandarkan dengan dunia barat, agaknya salah bahkan kelewat salah walaupun tak menafikan adanya kebenaran tentang pola pemikiran barat, namun kita patut waspada bahkan cenderung berhati-hati dalam merealisasikannya di alam Nusantara. Para sesepuh dari tanah jawa telah memfilternya, hal itu terbukti dengan adanya falsafah jawa yang berbunyi Barat diruat, Arab digarap, jowo digowo yang berarti kita harus memilih dan memilah bagaimana datangnya informasi baik itu yang bersifat ilmu pengetahuan ataupun sistem budaya dari luar Nusantara bahkan harus bisa memodifikasi agar nantinya tak bertentangan, tak menghilangkan nilai budaya yang asli dari tanah air tercinta.
Agaknya kehati-hatian serta kreatifitas bangsa telah diamputasi habis-habisan oleh hegemoni barat yang mengakibatkan gejolak yang tak kunjung reda dalam masyarakat, nilai budaya lokal yang seharusnya dijaga dan dijunjung tinggi oleh bangsa hangus terberangus oleh hegemoni keblinger itu. Matrialisme sempit yang ditanamkan dalam generasi penerus sudah mencapai tingkat yang sangat akut hingga mereka tak sadar bahkan tak tahu lagi asal usul mereka ada, pun sudah memasuki sendi-sendi kehidupan yang sangat mengerikan dikarenakan kepentingan-kepentingan serakah yang tiap detik dilontarkan oleh para pembesar bangsa. Mereka tak lagi sadar bahaya apa yang mengancam kehidupan jika produk-produk impor yang mereka telan mentah-mentah itu terus menerus dikonsumsi tanpa dimasak terlebih dahulu.  

Terakhir !! Agaknya kita sadari sekarang ini kita berada di masa pesimis yang tinggi akan kemandirian bangsa baik budaya, politik bahkan ekonomi, jati diri mulai terkikis, kategori cantik dan tampan seakan harus berstandar Korea. Para penguasa yang berpolitik ala Machiavelli, para pekerja dan buruh layaknya mesin mekanik, ketergantungan semakin akut. Negara kaya dengan bergelimpangan orang miskin. Banyak undang-undang yang kurang pro rakyat, Pasal 33 ayat 3 yang kurang konkrit. Apakah ini kebetulan??  THIS MEANS WAR.

*Penulis adalah santri PPLQ

COMMENTS

Nama

Ala Islam,2,Bahtsul Masail,6,Bilik Kitab Kuning,2,cerpen,14,figur ulama,7,Humor Santri,4,Ipin dan Iman,3,kesehatan,2,LQ Zone,13,Nasihat,6,opini,14,profil santri,3,Puisi,9,Redaksi,2,tajuk utama,20,teknologi,5,Wawancara,1,
ltr
item
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner: THIS MEANS WAR !!
THIS MEANS WAR !!
https://4.bp.blogspot.com/-xH9bnnwy0xg/WGsoD7u5vUI/AAAAAAAACqI/yz5DgIwWCeUT6uwmH5jtboyN_uRjT1OiQCLcB/s200/eb6e0a09f225e4f60d6a58f05ba124e8_hari-bela-negara-logo-tangan-vector-www.inidesain.com.png
https://4.bp.blogspot.com/-xH9bnnwy0xg/WGsoD7u5vUI/AAAAAAAACqI/yz5DgIwWCeUT6uwmH5jtboyN_uRjT1OiQCLcB/s72-c/eb6e0a09f225e4f60d6a58f05ba124e8_hari-bela-negara-logo-tangan-vector-www.inidesain.com.png
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2017/01/this-means-war.html
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2017/01/this-means-war.html
true
5050469009596547954
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy