TIDUR DAN SAUDARA-SAUDARANYA DALAM KACAMATA FIQH

Oleh : kang Ulin Nuha

           
Tahukah anda? Pasti belum tahu..., atau tahu tapi masih ragu..., yang jelas bila anda dalam dua keadaan tersebut, maka besegeralah menuju sebuah kalam Allah dalam al Qur’an yang bebunyi:
فاسئلوا أهل الذكر إن كنتم لا تعلمون
(maka bertanyalah kalian kepada ahli dzikir apabila kalian tiada mengetahui).

            Betapa banyak anugerah yang telah Allah swt berikan kepada makhluk bernama manusia. Mulai dari dapat melihat, mendengar, berbicara sampai dapat merasakan nikmatnya tidur. Untuk nikmat yang terakhir tersebut memang agaknya berbeda dibanding tiga nikmat sebelumnya. Adapaun ketiganya tesebut-maksudnya nikmat dapat melihat, mendengar dan berbicara-itu ada dalam keadaan seseorang yang sedang terbangun, sementara yang terakhir-maksudnya “tidur”  itu merupakan keadaan sebaliknya.
            Dalam ilmu medis, “tidur” merupakan salah satu hal yang terpenting bagi manusia untuk mengistirahatkan anggota-anggota tubuh yang selesai digunakan untuk bekerja seharian, sebagaimana penjelasan al-Qur’an yang berbunyi:
وجعلنا نومكم سباتا
(dan telah kami jadikan tidur kalian untuk istirahat).
Urgensi dari tidur ini bahkan dapat mengambil seperempat dari keseluruhan umur setiap orang. Ini bisa diperkirakan dari teori yang menyatakan bahwa: tidur efektif dalam satu kali dua puluh empat jam (bagi selain bayi) adalah delapan jam. Untuk itulah, tidur merupakan suatu nikmat yang layaknya perlu diperhatikan, jangan sampai kurang karena dapat menyebabkan badan kurang fit ketika bangun, dan juga jangan sampai berlebihan karena juga dapat mengakibatkan badan terasa malas untuk beraktivitas.

            Kemudian, di samping itu ada pembahasan lain yang patut diperhatikan juga perihal tidur, yaitu dari sudut pandang Fiqh. Dalam ilmu Fiqh, “tidur” biasa ditemukan dalam pembahasan hal-hal yang membatalkan wudlu’. Tapi, perlu diperhatikan juga bahwa tidak semua bentuk-bentuk tidur itu masuk dalam kategori hal-hal yang membatalkan wudlu’. Untuk itu, mari mencoba memperhatikan keterangan berikut.

Pertama, dasar yang menjelaskan bahwa tidur itu membatalkn wudlu’ adalah hadits yang dapat dilihat dalam kitab buluughul maroom, (kitaabuth thohaaroh, babu nawaaqidlil wudlu’, terbitan Haromain, hal. 27):
وعن معاوية رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (العين وكاء السه، فإذا نامت العينان استطلق الوكاء). رواه أحمد والطبراني، وزاد: (ومن نام فليتوضأ، وهذه الزيادة فى الحديث عند أبي داود من حديث علي دون قوله: (استطلق الوكاء)، وفي كلا الإسنادين ضعف.
ولأبي داود أيضا عن ابن عباس رضي الله عنهما مرفوعا: (إنما الوضوء على من نام مضطجعا) وفي إسناده ضعف.
Dalam hadits tersebut terdapat redaksi yang menyatkan bahwa mata adalah tali kendali dubur, jika kedua mata itu tidur maka terlepasah tali tersebut, menunjukkan bahwa bila seseorang itu masih terbangun maka dia masih dapat mengetahui hal-hal yang membatalkan wudlu’ yang keluar dari duburnya, tapi jika mata tertidur, jadilah dia tidak mengetahuinya, dan sangat dimungkinkan ada hal-hal yang keluar dari duburnya. Dan dilanjutkan dengan penjelasan bahwa sipapun yang tidur maka sebaiknya berwudlu’. Dan dalam riwayat lain dengan keterangan bahwa: “wudlu’ itu hanya bagi orang yang tidur berbaring.”

Dasar di atas adalah dari hadits, dan sudah dimaklumi bahwa dasar hadits itu kebanyakan masih perlu dijelaskan oleh ketarangan dari ulama’, apalagi ketiganya dihukumi dlo’if. Maka layaknya memperhatikan keterangan berikut ini.

Kedua: Di dalam kitab fathul qoriib (fashlu fii nawaaqidlil wudlu’, terbitan Daarul ‘ilm hal. 22), tidur secara eksplisit dimasukkan dalam hal-hal yang membatalkan wudlu’ yang ke tiga, tapi dikuti dengan penjelasan tidur yang tidak dalam keadaan menetapkan tempat duduknya, maksudnya adalah duduk yang tidak miring ke salah satu sisi.

Ketiga: Di dalam kitab fathul mu’iin (fashlu fii syuruuthish sholaah, pembahasan hal-hal yang membatalkan wudlu’, ), tidur dimasukkan dalam pembagian yang kedua yaitu hilangnya akal, tapi tidak hilang akal sebab tidurnya orang yang duduk yang menetapi tempat dudukya, maksudnya adalah tetapnya kedua pantat pada tempatnya, walaupun orang tersebut bersandar pada sesuatu yang sekiranya sesuatu tersebut hilang maka jatuhlah dia. Disebutkan juga bahwa apabila seseorang ragu apakah dia tidur atau mengantuk, maka wudlu’nya tidak dihukumi batal. Adapun tanda-tanda mengantuk adalah mendengar pembicaraan orang-orang yang hadir walaupun diatidak paham.

Kesimpulan :
1.    Tidur ada kalanya membatalkan wudlu’ dan ada kalanya tidak, tergantung kondisi tidurnya. Bila tidur dalam keadaan berdiri, berbaring dan duduk yang tidak menetapi tempat duduknya, maka dihukumi batal. Sementara tidur yang tidak membatalkan wudlu’ adalah tidur dalam keadaan menetapi tempat duduknya.
2.    Mengantuk tidak dihukumi membatalkan wudlu’
3.    Orang yang tidur, dan sadar dalam keadaan tidak menetapi tempat duduknya, maka dihukumi batal.
4.    Bila wudlu’, kemudian tidur dan hendak melaksanakan semisal sholat, maka sebaiknya berwudlu’. Untuk menghindari perbedaan pendapat tentang apakah wudlu’ membatalkan sholat/tidak (dalam lingkup madzaahibul arba’ah), dan keluar dari khilaf itu disunahkan.


Wallahu A'lam

COMMENTS

Nama

Ala Islam,2,Bahtsul Masail,6,Bilik Kitab Kuning,2,cerpen,15,figur ulama,7,Humor Santri,4,Ipin dan Iman,3,kesehatan,2,LQ Zone,13,Nasihat,6,opini,14,profil santri,3,Puisi,9,Redaksi,2,tajuk utama,20,teknologi,5,Wawancara,1,
ltr
item
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner: TIDUR DAN SAUDARA-SAUDARANYA DALAM KACAMATA FIQH
TIDUR DAN SAUDARA-SAUDARANYA DALAM KACAMATA FIQH
https://2.bp.blogspot.com/-mB38cTsPnUc/WEIfl9S9jnI/AAAAAAAAAHs/-UVvw2ZeO-s1RiAJjUY5QLFv1ylKL7FxwCLcB/s200/ccc.png
https://2.bp.blogspot.com/-mB38cTsPnUc/WEIfl9S9jnI/AAAAAAAAAHs/-UVvw2ZeO-s1RiAJjUY5QLFv1ylKL7FxwCLcB/s72-c/ccc.png
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2016/12/tidur-dan-saudara-saudaranya-dalam.html
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2016/12/tidur-dan-saudara-saudaranya-dalam.html
true
5050469009596547954
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy