Perkembangan Media Cetak di Era Digital

Oleh : Zakka Ibnu Fu’ad Hasan

Perkembangan media cetak dari masa ke masa berkembang dengan pesat mengikuti perkembangan teknologi komunikasi. Semakin lama semakin mudah untuk diakses. Berawal dari penemuan mesin cetak oleh Guttenberg dan digunakan untuk membuat Kitab Injil, Mazarin Bible. Selanjutnya, pada tahun 1833 Bunyamin Day meluncurkan surat kabar New York Sun secara besar besaran.
Semenjak itu, masyarakat dunia mulai mengenal media cetak dan mendapatkan berbagai informasi melalui media cetak. Menurut Denis Mc Quil, media cetak digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan budaya, seni, simbol, pengembangan mode, norma-norma, gaya hidup, dan tata cara.
Kita mengenal media cetak yang menggunakan teknologi analog kita sebut media konvensional dan media cetak yang menggunakan teknologi digital, kita sebut dengan Media Baru. Menurut ramalan Philip Meyer dalam bukunya yang berjudul “The Vanishing Newspaper”, koran akan punah pada tahun 2040. Media cetak di Eropa perkembangannya semakin tidak bagus, oplah koran di Rumania merosot tajam pascha krisis ekonomi dari 1 juta eksemplar menjadi 40 ribu eksemplar. Hal ini dipengaruhi langsung oleh perkembangan teknologi digital, khususnya perkembangan internet.
 Pada tahun 2011, jumlah pengguna internet lebih kurang 2,2 Miliar orang, atau sama dengan 1/3 jumlah penduduk dunia. Indonesia tercatat sebagai negara pengguna internet terbesar ke-8 dunia, lebih kurang 22,1 %, dari jumlah penduduk. Kalau kita cermati pengguna internet di Indonesia sebagian besar berada di perkotaan, namun saat ini masyarakat dipedesaan sudah banyak yang menggunakan internet. Warung internet menjamur sampai ke seluruh pelosok tanah air.
Perkembangan teknologi komunikasi seperti smartphone mempengaruhi cara orang berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Informasi dengan cepat dan mudah diakses masyarakat. Teori Rogers, mengelompokan masyarakat sebagai pengguna awal 13,5%, mayoritas awal 34 %,, mayoritas akhir 34 % dan laggard 16 %. Kita berada pada kelompok mayoritas akhir ( late majority ). Masyarakat kita lebih hati – hati mengenai sebuah inovasi baru. Mereka menunggu sehingga kebanyakan orang telah mengadopsi sebelum mereka mengambil keputusan.
Kepentingan ekonomi mendorong mereka untuk mengadopsi inovasi. Kita pengguna internet terbesar ke 8 di dunia, dihadapkan dengan jumlah penduduk 1/5 penduduk Indonesia sudah menggunakan Internet. Kita terlambat mengadopsi teknologi digital jika dibandingkan dengan negara-negara didunia, yang sudah mengadosi terlebih dahulu. Trend perkembangan teknologi digital begitu pesat, menuntut kita untuk harus selalu berinovasi, kreatif dan menyesuaikan diri dengan kondisi nyata dilapangan. Kecendrungan masyarakat saat ini, lebih suka membuka internet untuk mengakses informasi ketimbang membaca di media konvensional, Media cetak tertinggal dari media digital, namun tetap eksis apabila dapat beradaptasi dengan baik sesuai perkembangan saat itu. Strategi dan sumber daya manusia harus diantisipasi sejak dini.
Para era digital, para pengusaha industri media cetak melakukan inovasi dengan mengembangkan produknya dengan memanfaatkan teknologi digital diantaranya Enewspapar, Ebook, Emagazine, Ipad dan Tablet PC. Kombinasi produk dilakukan untuk meraih konsumen sebanyak-banyaknya. Strategy ini dilakukan untuk menyentuh para konsumen yang pada era digital untuk tetap membeli produk media cetak yang saat ini menggunakan teknologi digital. Sekali dayung dua pulau terlewati. Konsumen tetap ingat dengan produk media cetak dan akan tetap membelinya, walaupun saat ini sudah menggunakan teknologi digital untuk mengakses informasi yang diperlukan.


COMMENTS

Nama

Ala Islam,2,Bahtsul Masail,6,Bilik Kitab Kuning,2,cerpen,14,figur ulama,7,Humor Santri,4,Ipin dan Iman,3,kesehatan,2,LQ Zone,13,Nasihat,6,opini,14,profil santri,3,Puisi,9,Redaksi,2,tajuk utama,20,teknologi,5,Wawancara,1,
ltr
item
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner: Perkembangan Media Cetak di Era Digital
Perkembangan Media Cetak di Era Digital
https://1.bp.blogspot.com/-fjbkEu3SZ9s/WEOI1kf_jwI/AAAAAAAABsw/F--gJyTHEcwEe1liuLVR6oKGyhIPDzHfwCLcB/s200/cetak_vs_online_by_yordaniac25-d5u0rlq.png
https://1.bp.blogspot.com/-fjbkEu3SZ9s/WEOI1kf_jwI/AAAAAAAABsw/F--gJyTHEcwEe1liuLVR6oKGyhIPDzHfwCLcB/s72-c/cetak_vs_online_by_yordaniac25-d5u0rlq.png
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2016/12/perkembangan-media-cetak-di-era-digital.html
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2016/12/perkembangan-media-cetak-di-era-digital.html
true
5050469009596547954
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy