MENGENAL ISLAM KECIL DI AMERIKA BESAR

Oleh : Ali Mafruhin
           
Apa yang ada di pikiran kita jika mendengar kata “UNITED STATES OF AMERICA” atau yang  biasa kita sebut dengan Amerika Serikat? Mungkin kebanyakan dari kita akan berfikiran bahwa Negara ini adalah Negara adidaya yang liberal, kapital, banyak bermaksiat mungkin, bebas mencengkram Negara-negara berkembang seperti Negara tercinta kita. Mereka menjadi master of the puppets dalam jalanya perpolitikan dunia, Negara yang sering melengserkan banyak pemimpin di Timur Tengah, mungkin juga akan berfikiran bahwa Negara yang kekuatan militernya nomor satu di dunia dan Negara tempat kelahiran artis lady gaga ini adalah musuh dari Islam. Baiklah, apapun asumsi kalian asal tidak melanggar hukum, itu tidak jadi persoalan.
            Sebelumnya mari kita kenali sisi lain dari Negara yang awal kemerdekaannya ini diakui oleh Mohammad III (Kepala Negara Islam Maroko).
Hampir semua orang Amerika beragama, mereka percaya adanya Tuhan, mereka berdoa dan mengamalkan ajaran Agama yang mereka anut, mereka jelaskan segala kejadian dalam hidup mereka dengan memohon kerelaan tuhan, berdoa dan bekerja, lantas mereka wujudkan idealita mereka bagi bangsa Amerika dengan berpedoman ajaran agama: ”one nation under god”.
            Sejarah Islam di Amerika sudah ada sebelum benua itu ditaklukkan oleh kekuatan-kekuatan Eropa. Terdapat bukti yang sangat kuat bahwa kaum Muslim Andalusia sudah mengunjungi benua Amerika jauh sebelum Colombus. Sebagaimana dilaporkan oleh  Al-syari Al-idrisy pada abad ke-XII. Selanjutnya bukti sejarah tentang kunjungan orang Caribbean  dari kerajaan Muslim di Afrika Barat, yang pada ahirnya diketahui satu fakta bahwa armada Portugis dan Spanyol yang dikatakan sebagai penemu Benua Amerika itu dipimpin oleh pelaut-pelaut Muslim Andalusia yang mempunyai pengetahuan lebih baik mengenai laut lepas. Sebagian para penemu itu adalah golongan Mariscos, yaitu penduduk Spanyol yang menyembunyikan kemuslimannya. Adalagi sebuah fakta yang juga jarang diketahui, yaitu para imigran Andalusia dari Al-ribat dan Sala (dua kota di Maroko) memimpin pertempuran melawan armada laut Spanyol dan Portugis di Samudra Atlantik menjelang pantai Karibia.
Mungkin fakta-fakta diatas merupakan fakta sejarah yang tidak populer atau sengaja tidak dipopulerkan.
 Negara yang mempunyai makanan khas  hotdog ini merupakan sebuah negara yang perkembangan Islamnya paling cepat dibandingkan Negara-negara Barat lainnya di era kontemporer sekarang, dengan pertumbuhan sekitar 2000 jiwa per-tahun sehingga populasi muslim sekitar sekitar tujuh juta jiwa. Umat islam di AS memposisikan diri sebagaimana adanya, dengan kaki tetap di timur sekaligus dibarat, yang bertujuan memberikan kontribusi vital dalam membangun hubungan bangsa barat dengan Islam.
Komunitas Islam di Amerika sangat besar perhatiannya terhadap golongan afro-amerika, yang sedang meningkatkan kedekatanya dengan kaum muslim mainstream semenjak tahun 1976. Berbagai konsul regional mulai mendekati organisasi-organisasi muslim setempat untuk dipersatukan. Diantaranya dua konsul yang perlu disebutkan yaitu the islamic council of notbern california dan the islamic council of new england, mereka berusaha melakukan koordinasi terhadap sekian banyak organisasi sosial keislaman yang ada di wilayah masing-masing.
Di Amerika Serikat setidaknya ada 400 organisasi umat islam, juga terdapat masjid yang menjadi satu  dengan qur’anic schools. Hampir keseluruhan masjid-masjid tersebut  menjadi pusat kegiatan komunitas muslim. Quincy, Waterbury, Detroit, Dearborn, Toledo, Lowa, Sacramento, Indiana, Arizona adalah nama masjid-masjid disana, mungkin tergolong aneh di telinga kita, tapi itulah namanya. Masjid indah yang terdapat di Islamic Centre Washington bukan merupakan masjid umum, melainkan masjid yang didirikan oleh lembaga dari berbagai kedutaan besar Negara Islam di amerika serikat. Faisal Abdur Rouf yang merupakan salah satu imam masjid Al-farah (New York) berpendapat bahwa “Muslim AS berada dalam posisi terpaksa mengatakan bahwa tidak ada pertentangan dalam teologi/agama islam dengan kerinduan banyak umat islam akan nilai-nilai demokratis dan persamaan kesempatan, karena mereka memahami aspirasi masing-masing pihak dan telah merekonsoliasikan identitas amerika dan islam mereka”. Ini berarti bahwa mereka mempunyai peran penting sebagai penengah yang berusaha membangun kepercayaan komunikasi antara USA dengan Dunia Muslim tentang agama dan budaya.
Walaupun ada beberapa sekolah Islam di Amerika Serikat, akan tetapi kenyataannya hampir seluruh anak-anak muslim belajar di sekolah-sekolah non muslim, baik sekolah umum maupun swasta. Jika dilihat dari hal tersebut berarti mereka sudah berasimilasi dengan baik. Di Amerika Serikat juga terdapat dua buah Universitas Islam. Juga hampir semua Universitas besar di negara ini mempunyai departmen keislaman, yang lazim dinamakan islamic studies.
Islam mempunyai kecenderungan besar untuk berkembang di Amerika. Maka semua usaha sedang digiatkan untuk memajukan semua institusi ke-Islam-an untuk memenuhi kebutuhan generasi yang telah ada maupun yang akan hadir. Dan berusaha menghentikan segala hambatan yang mengganggu proses kelancaran asimilasi Agama dalam komunitas Islam. The sun of islam will rise the west (Matiass Gardells).



Sumber : Buku Pergumulan Timur Menyikapi Barat,  2008

COMMENTS

Nama

Ala Islam,2,Bahtsul Masail,6,Bilik Kitab Kuning,2,cerpen,15,figur ulama,7,Humor Santri,4,Ipin dan Iman,3,kesehatan,2,LQ Zone,13,Nasihat,6,opini,14,profil santri,3,Puisi,9,Redaksi,2,tajuk utama,20,teknologi,5,Wawancara,1,
ltr
item
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner: MENGENAL ISLAM KECIL DI AMERIKA BESAR
MENGENAL ISLAM KECIL DI AMERIKA BESAR
https://2.bp.blogspot.com/-U8WTJ_Pb_xk/WEIYOEctQRI/AAAAAAAAAG4/SneroHr3fEcA2qllAkLhih13ti5kynLjwCLcB/s200/an%2B-%2BCopy.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-U8WTJ_Pb_xk/WEIYOEctQRI/AAAAAAAAAG4/SneroHr3fEcA2qllAkLhih13ti5kynLjwCLcB/s72-c/an%2B-%2BCopy.jpg
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2016/12/mengenal-islam-kecil-di-amerika-besar.html
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2016/12/mengenal-islam-kecil-di-amerika-besar.html
true
5050469009596547954
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy