KESEHATAN ALA SANTRI

Oleh : Kang Zakka

Bagi sebagian masyarakat, yang ada di pikiran mereka ketika mendengar kata “kehidupan santri” adalah tidak lepas dari banyaknya kegiatan yang melelahkan dan kurangnya istirahat. Semua itu terlihat dari postur tubuh para santri yang kebanyakan berbadan kurus dan mempunyai cekungan hitam dikelopak mata sebagai tanda kelelahan ataupun kurangnya istirahat. Semua pemikiran itu sudah tak menjadi rahasia lagi masyarakat. Tetapi, jika ditelusuri lebih jauh lagi, ternyata dampak tersebut mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mengapa demikian? Mari kita sekilas menengok beberapa rutinitas para santri.


1. Mengaji 
Dalam kegiatan mengaji, santri diharuskan melengkapi absahan kitabnya (makna gantung) dan memahami materi yang disampaikan. Sisi manfaatnya, mengaji kitab dapat melatih otak kita untuk menangkap materi melalui indra pendengaran yang akan ditorehkan dalam lembaran-lembaran kitab. Kegiatan ini menjadikan santri cepat tanggap dan daya pola pikir terasah. Kegitan mengaji yang berlangsung setiap hari selama santri berada dalam kawasan pondok ini secara tidak langsung menjadikan santri mulai terbiasa dengan pola pikir cepat hingga mampu menguasai materi melalui kerja pendengaran dan kecapatan tangan untuk terhubung ke otak. Jadi kegiatan ini baik untuk kesehatan otak.

2. Sholat
Sudah banyak para ilmuan memaparkan tentang berbagai macam manfaat gerakan sholat, baik untuk kesehatan rohani maupun jasmani. Manfaat yang akan diulas di sini adalah dari berapa banyak kadar kita melaksanakan sholat. Tak bisa dipungkiri, bahwa antara sebagian besar masyarakat dengan para santri lebih banyak santri dalam melakukan kegiatan sholat tersebut. Pasalnya, jika masyarakat mereka lebih banyak yang melaksanakan shalat fardhunya saja, sedangkan sholat sunnahnya banyak yang tertinggal karena waktunya tersita untuk bekerja. Tetapi bagi santri, melakukan sholat fardhu maupun sunnah adalah kebutuhan bagi mereka. Baik karena dianjurkan oleh sang kyai, ustadz ataupun karena keyakinan yang telah melekat pada diri santri  tersebut. Jadi, apabila gerakan sholat itu bermanfaat bagi kesehatan, berarti jika sering dikerjakan akan menambah poin plus bagi kesehatan kita.

3. Qiyamul lail (sholat malam)
Qiyamul lail juga merupakan gerakan sholat, hanya saja waktu dalam mengerjakannya yang membedakan. Qiyamul lail dilaksanakan pada tengah malam setelah bangun tidur. Qiyamul lail sangat dianjurkan untuk dikerjakan karena pada waktu ini Allah menjanjikan akan memberikan apa yang hambanya inginkan menurut hadits riwayat Bukhori-Muslim. Lagi-lagi jika ditinjau, kegiatan ini lebih banyak dikerjakan oleh santri daripada kita yang bukan santri. Hal ini terjadi bisa saja dari faktor kebiasaan. Tapi unsur memohon pertolongan yang dijanjikan Allah untuk diberikan kepada hamba-Nya yang meminta inilah yang menjadi pemicu besar seorang santri untuk mengerjakan qiyamul lail.

Mungkin karena jauh dari orang tua dan sanak saudara hingga membuat mereka seperti bertahan hidup sendiri, penuh masalah, urusan, takut, rindu, dan pikiran labil mereka yang tiba-tiba datang mereka hadapi sendiri. Mereka tumpahkan semua kepada Allah di qiyamul lail. Sedangkan orang yang selain santri, mungkin kurang peka terhadap apa yang sebenarnya kita butuhkan karena tertutup oleh kasih sayang keluarga dan semua yang serba ada di rumah.

Sisi manfaatnya, dalam kegiatan bangun tidur otak kita telah dalam keadaan segar dan mampu untuk berikir jernih, otomatis qitamul lail yang dikerjakan akan lebih khusyu’. Dalam keadaan seperti ini seringkali inspirasi bermunculan silih berganti. Kitapun dapat menyiapkan apa saja yang akan kita kejakan dihari esok dengan baik. Karena sejatinya, qiyamul lail itu mempunyai unsur tersendiri yang dapat menjadikan hati dan jiwa kita tenang. Perlu bukti? Silakan anda praktikkan.

Dari ketiga contoh kegiatan para santri di atas, memang ada benarnya jika keadaan fisik mereka terlihat kurusan dan ada cekungan hitam di mata mereka. Tetapi di balik itu, mereka mempunyai paras indah yang tidak semua orang punya daripada sekadar fisik. Paras itu terbentuk bukan hanya dari sketsa pemberian Allah, tapi juga keterbiasaan mereka dalam melakukan hal-hal bernilai ibadah inilah yang tak banyak disadari oleh kebanyakan orang. Ibadah yang sekaligus memberikan manfaat bagi kesehatan para santri.


Sumber : www.tsaniafm.com

COMMENTS

Nama

Ala Islam,2,Bahtsul Masail,6,Bilik Kitab Kuning,2,cerpen,14,figur ulama,7,Humor Santri,4,Ipin dan Iman,3,kesehatan,2,LQ Zone,13,Nasihat,6,opini,14,profil santri,3,Puisi,9,Redaksi,2,tajuk utama,20,teknologi,5,Wawancara,1,
ltr
item
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner: KESEHATAN ALA SANTRI
KESEHATAN ALA SANTRI
https://3.bp.blogspot.com/-qWD6hlGoirQ/WEOCxZ7KqfI/AAAAAAAABsg/wL06PPSowuw81zR7RSGxSg8d7ZjVC_6qgCLcB/s200/Artikel-tentang-Kesehatan.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-qWD6hlGoirQ/WEOCxZ7KqfI/AAAAAAAABsg/wL06PPSowuw81zR7RSGxSg8d7ZjVC_6qgCLcB/s72-c/Artikel-tentang-Kesehatan.jpg
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2016/12/kesehatan-ala-santri.html
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2016/12/kesehatan-ala-santri.html
true
5050469009596547954
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy