Gegap Gempita Pemilu 2014

Oleh : Ubaidillah Romdlony

Tahun 2014 akan menjadi tahun dimana Indonesia akan melakukan pesta demokrasi besar-besaran. Pasalnya, selain memilih calon legislatif, rakyat Indonesia juga akan memilih Presiden yang nantinya akan memimpin Indonesia. Pesta demokrasi yang dirayakan setiap lima tahun sekali ini akan melibatkan masyarakat indonesia yang berpenduduk lebih dari 200 juta jiwa untuk memilih Presiden yang kiranya pantas memimpin Republik Indonesia.

Kampanye terbuka telah dimulai 16 Maret 2014 lalu. Masing-masing koalisi partai membawa para relawannya untuk menyambut datangnya pesta demokrasi terbesar rakyat Indonesia. Orang-orang rela memadati beberapa sudut kota beserta atribut partai yang disukungnya, seakan kampanye ini menjadi pesta bagi masyarakat, mengingat moentum ini hanya dirayakan lima tahun sekali.  Pawai boleh-boleh saja tetapi harus mematuhi aturan yang ada. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilu dan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2013 tentang Kampanye Pemilu, ada beberapa hal yang dilarang dalam berkampanye. Pertama, melakukan kegiatan yang membahayakan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kedua, mengganggu ketertiban umum. Ketiga, menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya kepada peserta kampanye. Keempat, memobilisasi Warga Negara Indonesia yang belum memenuhi syarat sebagai pemilih.

Inikah cara rakyat menyambut pesta terbesar negara Republik Indonesia ini? Sepanjang jalan dipenuhi gambar calon legislatif. Jargon-jargon bernada positif mendampingi foto para calon legislatif itu. Lantas, apakah harapan warga Indonesia atas jargon-jargon tersebut akan terealisasikan?
Seakan janji-janji manis yang dilantangkan oleh para pemimpin negara ini hanyalah ibarat “Anjing Menggonggong Kafilah Berlalu”. Cobalah refleksikan sejenak. Sebelum kita memilih calon wakil rakyat, hendaknya kita mengukur mental dan kesiapan diri kita sendiri dan lingkungan sekitar kita untuk kemudian mewujudkan perubahan bagi negeri ini. 

         Jangan berbangga diri ketika kita ternyata masih bermental pengemis, yang hanya akan memilih calon wakil rakyat ketika kita diberi sejumlah uang atau harta yang justru akan menenggelamkan kita dalam lingkaran kebobrokan negeri ini. Jangan menjadi orang yang ‘gumunan’ (mudah takjub/heran), ketika melihat orang hebat langsung bilang ‘wow’, keren atau sejenisnya. Terlebih jika orang ‘hebat’ tersebut kita ketahui dari sumber media massa. Padahal media massa tidak selalu memberitakan kebenaran. Paling tidak, kita sebagai rakyat yang ditugaskan untuk memilih wakil rakyat harus mempunyai pengetahuan yang cukup dan berimbang sehingga calon wakil rakyat yang akan kita pilih benar-benar mempunyai kemampuan untuk menjalankan tugasnya.


Kunci kesuksesan pesta demokrasi ini di tangan kita, rakyat indonesia. Jangan sampai salah memilih calon wakil rakyat karena bila kita salah sedikit saja akan berakibat fatal setidaknya lima tahun ke depan. Marilah kita ikut serta dalam menyukseskan pesta demokrasi rakyat Indonesia, salah satunya dengan cara menjaga ketertiban umum dan menjadi pemilih cerdas dalam Pemilu 2014 mendatang. Karena tanpa ada peran aktif dari masyarakat Indonesia, maka pelaksanaan Pemilu legislatif mendatang tidak akan terlaksana dengan baik dan lancar.[]

COMMENTS

Nama

Ala Islam,2,Bahtsul Masail,6,Bilik Kitab Kuning,2,cerpen,15,figur ulama,7,Humor Santri,4,Ipin dan Iman,3,kesehatan,2,LQ Zone,13,Nasihat,6,opini,14,profil santri,3,Puisi,9,Redaksi,2,tajuk utama,20,teknologi,5,Wawancara,1,
ltr
item
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner: Gegap Gempita Pemilu 2014
Gegap Gempita Pemilu 2014
https://2.bp.blogspot.com/-fjz-Xoy2aVI/WEIRwt7LinI/AAAAAAAAAGI/znOSlOcN4MwtB3dVr1OVoGqNzr6Z5exugCLcB/s200/pemilu.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-fjz-Xoy2aVI/WEIRwt7LinI/AAAAAAAAAGI/znOSlOcN4MwtB3dVr1OVoGqNzr6Z5exugCLcB/s72-c/pemilu.jpg
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2016/12/gegap-gempita-pemilu-2014.html
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2016/12/gegap-gempita-pemilu-2014.html
true
5050469009596547954
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy