Air Mata Tak Bisu

Oleh : M. Hakiki
Cinta adalah anugerah Tuhan yang tak bisa dipungkiri lagi kesuciannya. Tidak ada ibu yang benci pada anak, yang ada hanyalah kasih sayang dan cinta yang tulus. Terkadang kita salah dalam memahami antara tekanan dan kasih sayang, yang pada akhirnya semuakembali lagi pada cinta. Cinta yang tulus, cinta yang murni dan cinta yang penuh dengan kasih sayang.
Semua ini berawal ketika aku masih kecil, entah dari mana perasaan ini muncul begitu saja, aku merasa kagum pada sepupuku alias anak dari bibiku sendiri. Pada saat itu aku berumur 7 tahun dan dia 10. Awalnya aku berpikir ini hanyalah cinta monyet biasa seperti yang ada di film-film sinetron, tetapi setelah kami berdua masuk Tsanawiyyah, aku semakin tertarik padanya dan diapun nampaknya juga mulai tertarik padaku.
“Chaa…!!!” sahut teman kelas ku sambil membawakan sebuah surat. Tadinya aku berpikir dia ini hendak menitipkan surat izin palsunya lagi, wajarlah ketika itu adalah waktu malas-malasnya buat kami untuk belajar.
Ini ada surat dari kakak kelas,,,” kata temanku tadi.
Surat apa ? Paling-paling surat izin palsu kamu lagi,” jawabku sambil melihat-lihat isi suratnya. Setelah aku melihatnya, ternyata dalam isi surat itu tercantum sebuah nama Basit Muzakky yangmerupakan nama sepupuku itu tadi. Akhirnya setelah kejadian itu dan 2 bulan PDKT, kamipun menjalin hubungan pacaran.Saat itulah aku dan dia benar-benar terus terang dengan perasaan satu sama lain.
Seminggu kemudian, aku dan dia dinner ke tempat yang paling romantis. “Dhe…!!!” panggil pacarkuyang sekaligus sepupuku sambil mengepalkan tangan kanannya.
Iya a’ apa ?” jawabku sambil tersenyum dan membayang-banyang apa yang akan dia lakukan. Penasaranku meninggi, aku menebak-nebak apa yang ada di dalam kepalan tangannya.
Bisa tutup matanya dulu ngga?Bentarrrrrr aja,” katanya. Akupun mulai terbawa suasana dan menutup mata. Tak berselang lama, aku buka mata dengan perlahan.Ternyata dia memberiku sesuatu yang spesial dan mungkin ketika itu belum pernah ada orang seumuranku yang dikasih kejuatan seperti ini. Awalnya aku berpikir apakah ini lamaran, tapi jika ini lamaran mana mungkin usiaku yang masih duduk di kelas 1 tsanawiyyah dilamar oleh sepupuku sendiri.
Waktu berjalan begitu cepat, 15 tahun berlalu akhirnya kamipun menikah. Saat itu aku merasa ada yang kurang dalam hidupku.Rasanya kurang pantas bila sepasang suami istri tidak mempunyai seorang anak. Faktanyasudah 7 tahun lebih aku menikah dan selama itu pulaTuhan belum memberikan apa yang selayaknya aku miliki. Apakah engkau Tuhan tak mendengar do’a yang selama ini aku lantunkan kepada-Mu? ”Wahai Tuhan, tidakkah engkau kasihan kepadaku. Sudah sekian lamanya aku menunggu seorang anak, rasanya tidak ada kewajibanku terhadapmu yang aku lewatkan. Oh Tuhan, karuniailah aku seorang anak yang nantinya bisa menjadi bekalku di Hari Penghisaban. Amiiinnnnnn…… !!!”.
Sebulan kemudian, ketika aku sedang mengerjakan rutinitas sebagaimana layaknya seorang ibu rumah tangga,suamiku menghampiriku. “Ndha, sehat-sehat aja kan?” tanya suamiku ketika hendak berangkat kerja.
“Iya ayah…,” jawabku sambil memberikan senyuman manisku.
Kita kedokter yah, tubuh bunda keliatannya kurang sehat….!!!”, ajak suamiku.  Setelah kami pergi kedokter, sebuah berita kebahagiaan dtang.
“Selamat istri anda telah hamil 3 minggu. Jaga kesehatan dan jangan dibiarkandia mengerjakan pekerjaan yang berat-berat, karena itu bisa membahayakan janin yang ada di kandungan istri anda,” kata dokter itu pada suamiku. Tetesan air mata mengalir berkat kebahagiaanyang engkau berikan padaku,Tuhan.“Oh Tuhan, engkau memang Maha Mendengar danMelihat. Do’a-do’a yang selama ini aku minta darimu telah engkau kabulkan.Terimakasih,Tuhan,” ungkapan isi hatiku.
Hari demi hari aku jalani bersamamu oh anak-ku, tak ku sangka aku telah bersamamu 9 bulan lebih. Ketika aku hendak menyajikan makanan untuk suamiku, tiba-tiba bayi yang ada di dalam perutku ini mulai memberontak seakan-akan dia ingin segera keluar dari perutku. “Ayah, ayah, ayah…..!!!!” sahutku sambil menahan rasa sakit ini. 15 menit lamanya aku menunggu dan menahan rasa sakit ini, suamiku yang ketika itu baru selesai mandi langsung menghampiriku. Tanpa basa-basi lagi, dia langsung memanggil ambulan dan mengantarkanku sampai kerumah sakit. Setelah hasil pemeriksaan itu keluar, dokter menyarankan agar aku segera melakukan operasi sesar.
Dok, bagaimana keadaan istri saya?tanya suamiku yang sebegitu khawatirnya kepadaku.
“Alhamdulillah istri bapak baik-baik saja, tapi saya harap bapak harus segera mentandatangani surat pernyataan ini agar istri bapabisa cepat-cepat di operasi sesar,” jawab dokter itu. Kemudian setelah sekian jam berlalu, akhirnya operasipun selesai, suara merdu tangisan anakku membuat diriku bahagia. “Selamat bu, anak ibu laki-laki,” kata dokter ketika ia memperlihatkan anakku padaku.
Sejak saat itu, aku mulai menghitung hari demi hari disaat anakku terlahir ke dunia. Kini bayi mungil itu sudah berusia 12 tahun, 10 bulan lebih 6 hari 16 jam. Malam itu aku melihat burung hantu yang hinggap di pohon depan rumahku. Dengan mitos yang ada pada saat itu, biasanya kalau ada seekor burung hantu liar, maka itu pertanda akan ada orang yang meninggal dari salah satu keluarganya. Pagi harinya aku ceritakan pada suamiku, “Yah, semalam bunda liat burung hantu di depan rumah…!!!” ungkapku dengan ekspresi khawatir.
“Lah emangnya kenapa….?” tanyanya. Suamiku yang realistis tidak percaya akan mitos, dia hanya percaya pada sesuatu yang masuk akal saja. Esok harinya aku mengantarkan Fauzan ke sekolah, ketika itu Fauzan yang masih duduk di kelas 2 SMP meminta dibelikan motor dengan alasan semua teman-temannya memiliki motor.
 “Bunda….!!!” panggil anakku ketika hendak turun dari mobil.
“Iya sayang apa?” jawabku sambil menatap matanya.
“Aku minta motor...,” ujarnya.
“Apa ? Adek kan masih kecil dan sekolah aja masih kelas 2 smp mana mungkin bunda membiarkan adek bawa motor sendirian,” jawabku ketika itu. Setelah pembicaraannya selesai, aku kaget dengan sikapnya terhadapku. Baru pertama kali ini dia membentak ibunya sendiri, bahkan dia menutup pintu mobilpun dengan keras.
Setelah sampai di rumah, aku sengaja tidak memberitahukan kejadian itu pada suamiku. Aku lebih baik berbohong dari pada harus jujur, karena ketika aku jujur, suamiku pasti akan marah besar pada Fauzan atas sikapnya itu. Sejak saat itu Fauzan jadi jarang pulang ke rumah. Hingga akhirnya sebuah telepon mengejutkan datang. Fauzan mengalami kecelakaan sepedaa motor dan kini dirawat di Rumah Sakit Adi Sutjipto Semarang. Ketika itulah aku mencoba berterus terang dengan suamiku tentang apa yang terjadi.

Aku tak kuasa melihat anak semata wayangku berbaring tak berdaya di rumah sakit. Andai saja aku turuti kemauannya itu, mungkin ini semua tidak akan terjadi. Diriku semakin terguncang setelah diberi tahu dokter jika Fauzan mengalami Anterograde Amnesia akibat benturaan keras. Ia pn tak mengenaliku, bahkan saat aku hendak membelainya, ia menolaknya. Berbulan-bulan aku menunggu ingatannya, motivasi yang selama ini aku berikan padanya tetap tidak ada hasilnya. Kini aku hanya bisa berserah kepada Tuhan, Tuhan yang menciptakanku, Tuhan yang menciptakan anakku, Tuhan yang menciptakan alam semesta dan Tuhan yang lebih tahu akan segalanya.

COMMENTS

Nama

Ala Islam,2,Bahtsul Masail,6,Bilik Kitab Kuning,2,cerpen,14,figur ulama,7,Humor Santri,4,Ipin dan Iman,3,kesehatan,2,LQ Zone,13,Nasihat,6,opini,14,profil santri,3,Puisi,9,Redaksi,2,tajuk utama,20,teknologi,5,Wawancara,1,
ltr
item
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner: Air Mata Tak Bisu
Air Mata Tak Bisu
https://3.bp.blogspot.com/-enCAiNV2a2Y/WEGjA04HjUI/AAAAAAAAAFI/-4zdu5PASk4rBH4cJ2y5AvqjdqExXoyZQCLcB/s200/shattered_tears.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-enCAiNV2a2Y/WEGjA04HjUI/AAAAAAAAAFI/-4zdu5PASk4rBH4cJ2y5AvqjdqExXoyZQCLcB/s72-c/shattered_tears.jpg
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2016/12/air-mata-tak-bisu.html
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2016/12/air-mata-tak-bisu.html
true
5050469009596547954
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy