Santri, Pemuda Penerus Estafet Perjuangan Bangsa dan Agama

Oleh : Charis

Pemuda. Banyak pengertian untuk menjelaskan mengenai satu kata ini. Siapa yang dimaksud dengan pemuda itu? Jika boleh penulis boleh mengartikan, pemuda adalah makhluk istimewa dengan penuh kesempatan serta diberi banyak pilihan untuk menentukan arah jalan hidupnya. Atau bahkan lebih jauh lagi, bisa juga diartikan sebagai penentu dan penggerak berjalannya roda kehidupan suatu bangsa, negara dan agama.
Begitulah kira-kira istilah yang bisa penulis definisikan. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat keterangan dari Al Qur'an Surat Al Kahfi ayat 10 berikut :
(Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: "Wahai Tuhan Kami, berikanlah rahmat kepada Kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi Kami petunjuk yang lurus dalam urusan Kami (ini)." (Q.S Al Kahfi : 10)
Ayat di atas menceritakan tentang lima orang pemuda (ashabul kahfi) yang teguh pendirian dalam mempertahankan keimanan mereka dan enggan menyekutukan Allah SWT. Jika kita mencermati, sesungguhnya mereka (ashabul kahfi) memiliki umur yang sudah tidak muda lagi, bila dilihat dari lamanya mereka hidup di dunia. Mereka ditidurkan oleh Allah selama beratus ratus tahun lamanya (dalam tafsir Ibnu Katsir disebutkan selama 309 tahun) dalam gua karena menghindari kejaran raja yang lalim dan menyuruh penduduk menyembah kepadanya. Namun karena mereka teguh pendirian dalam mempertahankan akidah mereka dan tidak mau menyembah raja karena hal itu termasuk menyekutukan Allah,  maka mereka disebut dengan istilah "pemuda" dalam ayat tersebut. Sungguh menarik,  mengapa Allah menyebut dengan kata pemuda pada ayat ini. Tentu lah ada latar belakang dan alasan mengapa Allah menggunakan kata pemuda ini.
Dari ayat di atas,  dikuatkan lagi dalam sebuah riwayat dari Sulaiman bin Ja’far, dia berkata: Imam Ja’far bin Muhammad berkata : “wahai sulaiman, siapakah pemuda itu?” kemudian aku menjawab: “….. pemuda bagi kami adalah orang yang masih muda.” Lalu beliau berkata kepadaku : “seperti yang kau tau bahwa Ashabul Kahfi semuanya adalah orang-orang tua akan tetapi Allah menamai mereka sebagai pemuda karena keimanan mereka. Wahai sulaiman, barangsiapa beriman kepada Allah dan bertakwa maka dialah pemuda.”
Di waktu lain imam Ja’far As-shodiq pun pernah berkata : “ pemuda adalah seorang  mukmin.” Maka inilah definisi terbaik untuk kata pemuda, kata-kata apa lagi yang lebih indah dan benar selain dari Al-Qur’an dan kalam suci Rasul dan Ahlulbaitnya.
Sudah sangat jelas bila kita melihat pengertian yang dimaksud dalam riwayat di atas.  Pemuda bukan lah orang yang usianya masih muda. Namun sejatinya pemuda adalah setiap pribadi yang berjiwa mukmin sejati,  teguh pendirian dalam mempertahankan keimanan dan kebenaran,  serta siap mempertahankan keyakinan yang benar sesuai syariat. Selain itu juga rela berkorban membangun bangsa dan berjuang dalam agama.
Menyinggung mengenai pemuda, maka santri termasuk dalam bagian ini pula. Kaum santri dikenal sebagai kaum muda yang selalu identik dengan penampilan islami dan kopiah serta kitab kuning yang selalu dikenakannya setiap hari. Namun belakangan ini santri tak hanya berkutat pada pelajaran kitab kuning yang diajarkan di dalam pondok pesantren saja. Kiprah kaum muda dengan status yang satu ini telah merambah dalam aspek dan bidang-bidang umum lainnya.
Sebagai seorang pemuda sekaligus seorang santri yang cinta tanah air hendaklah bisa menyesuaikan diri dan bisa menjadi pelopor penegak berdirinya kejayaan bangsa dan agama. Siapa lagi kalau bukan pemudanya. Siapa lagi yang akan melanjutkan perjuangan para pahlawan kalau bukan kaum mudanya. Begitu pula Islam yang harus disyiarkan dan ditegakkan.
Bersyukur,  dengan adanya pengakuan identitas santri oleh pemerintah dengan ketetapan presiden mengenai Hari Santri Nasional dua tahun lalu serta peringatan yang diadakan pada tanggal 22 Oktober kemarin menjadikan status santri menjadi semakin dibanggakan bagi mereka yang merasa mengenyam pendidikan di pesantren. Dengan adanya pengakuan pemerintah tersebut santri semakin percaya diri dengan status yang disandangnya dan hendaknya bisa memberikan kontribusi positif secara lebih luas lagi kepada masyarakat luas,  terkhusus kepada masyarakat, negara dan agama.
Kita pun tahu, bahwa pejuang-pejuang kemerdekaan melawan penjajah kolonial saat itu adalah para pemuda. Semangat jihad yang dikobarkan oleh Bung Tomo di Surabaya setelah dicetuskannya fatwa jihad oleh Hadrotus Syaikh Hasyim Asy'ari membuat semangat perjuangan para pemuda dan para santri saat itu semakin berkobar. Dari sini kita bisa melihat bahwa pemuda merupakan aset terbesar suatu bangsa dan agama. Sebagai penerus perjuangan para pahlawan, pemuda hendaknya bisa melanjutkan kemerdekaan bangsa Indonesia yang sudah diperjuangkan dengan segala tumpah darah dan kepedihan itu. Dengan peringatan sumpah Pemuda dan hari pahlawan ini, mari bahu membahu sesama pemuda jangan sampai terpecah belah oleh hal-hal sepele tanpa mempertimbangkan keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa. Terakhir, sebagai penutup, kiranya penulis boleh mengutip sebuah pesan dari bapak proklamator kita, “Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri”.


COMMENTS

Nama

Ala Islam,2,Bahtsul Masail,6,Bilik Kitab Kuning,2,cerpen,15,figur ulama,7,Humor Santri,4,Ipin dan Iman,3,kesehatan,2,LQ Zone,13,Nasihat,6,opini,14,profil santri,3,Puisi,9,Redaksi,2,tajuk utama,20,teknologi,5,Wawancara,1,
ltr
item
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner: Santri, Pemuda Penerus Estafet Perjuangan Bangsa dan Agama
Santri, Pemuda Penerus Estafet Perjuangan Bangsa dan Agama
https://1.bp.blogspot.com/-cR_V0DTU4KY/WDr9bSXk1jI/AAAAAAAAAEI/9Y4IpWgJ3qo_vvs1XaoDayZp1FyQPv_LACLcB/s200/cetak%2BConvert.png
https://1.bp.blogspot.com/-cR_V0DTU4KY/WDr9bSXk1jI/AAAAAAAAAEI/9Y4IpWgJ3qo_vvs1XaoDayZp1FyQPv_LACLcB/s72-c/cetak%2BConvert.png
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2016/11/santri-pemuda-penerus-estafet_25.html
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2016/11/santri-pemuda-penerus-estafet_25.html
true
5050469009596547954
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy