HUKUM MEMBUAT ANIMASI



HUKUM MEMBUAT ANIMASI
Oleh : Ahmad Fairuz Baraya

9 Maret 2016, untuk kesekian kalinya tim LBM PP Al-Luqmaniyyah mengirimkan delegasi dalam perhelatan Bahtsul Masail ke-18 PP Al-Falah Ploso Mojo Kediri. Acara rutin setiap tahun ini diikuti tak kurang dari 50 delegasi dari berbagai pondok pesantren se-Jawa dan Madura. Dalam acara tersebut, PP Al-Luqmaniyyah merupakan satu-satunya delegasi pondok pesantren yang berasal dari DI Yogyakarta.
Tim LBM PP Al-Luqmaniyyah sendiri masuk dalam komisi A yang mana dalam komisi tersebut dihasilkan 6 rumusan masalah  dari 10 masalah yang diajukan oleh beberapa pondok pesantren. Mulai dari permasalahan hukuman kebiri bagi pedofil, pemulangan GAFATAR oleh pemerintah, hingga bagaimana hukum membuat animasi menurut syariat Islam. Untuk edisi kali ini, kami akan menghadirkan hasil keputusan Bahtsul Masail ke-18 PP Al-Falah Ploso Mojo Kediri tentang hukum membuat animasi menurut syariat Islam yang kebetulan tanggal 30 Maret kemarin diperingati Hari Film Nasional. 
HUKUM MEMBUAT ANIMASI çPP RAUDLOTUT THOLIBIN TANGGIR TUBAN
Deskripsi Masalah
Sepanjang yang saya ketahui ajaran Islam melarang pembuatan gambar makhluk hidup, terlebih patung. Karena kalau tidak salah termasuk dalam usaha meniru perbuatan Allah SWT. Tapi dengan kemajuan teknologi saat ini membuat objek di komputer jauh lebih canggih dibandingkan hanya sekedar membuat lukisan. Dalam bentuk animasi objek-objek makhluk tampak nyata dan bisa bergerak yang biasanya ada dalam film-film anak seperti Ipin & Upin, Jarwo, dll. Dan karena zaman yang terus berkembang, hal ini membuat para ilmuwan terus berfikir untuk mengembangkan temuannya, seperti perkembangan teknologi di Jepang yang sudah bisa membuat robot dengan tingkah laku menyerupai makhluk hidup, ada yang seperti binatang ada juga yang seperti manusia yang diprogram dengan fungsi yg bermacam-macam (seperti memasak bersih-bersih, jaga rumah dll) dan hal itu terus selalu dikembangkan.

Pertanyaan :
a. Bagaimana hukumnya membuat animasi yang tampak hidup seperti Ipin & Upin dan lain-lain sebagaimana dalam deskripsi di atas ?
Jawaban :
a.                  Diperbolehkan, karena proses pembuatan animasi tidak memenuhi kriteria tashwir yang diharamkan.
Sebenarnya tidak ada dasar yang shorih (jelas) berkaitan dengan animasi itu. Animasi bisa dimasukkan dalam kategori tashwir (penyerupaan). Hukum asal dari tashwir adalah haram bahkan Imam An-Nawawi berpendapat dengan berpegangan pada pendapat para ulama bahwa tashwir yang mirip dengan manusia atau hewan hukumnya haram dan termasuk dosa besar.
آراء العلماء في التصوير: قال النووي مبينا آراء العلماء(4): تصوير صورة الحيوان حرام شديد التحريم، وهر من الكبائر... الي ان قال... فأما صورة مالا روح له من الأشجار والقناديل ونحوها، فلا بأس به.  أما التصوير الشمسي أو الخيالي فهذا جائز، ولا مانع من تعليق الصور الخيالية في المنازل وغيرها، إذا لم تكن داعية للفتنة كصور النساء التي يظهر فيها شيء من جسدها غير الوجه والكفين، (الفقه الإسلامي وأدلته الجزء السابع صـ 218)
Beda kalau tashwir itu mirip sesuatu yang tidak menyerupai ruh seperti pepohonan,  dan sebagainya maka tidak dilarang atau dalam istilah fiqh masuk kategori mubah. Begitu juga tashwir yang bersifat fiksi hukumnya diperbolehkan dengan catatan penyerupaan tersebut tidak mengundang fitnah seperti penyerupaan wanita yang bagian tubuhnya terlihat jelas selain wajah dan telapak tangan.
Sebab diperbolehkannya tashwir fiksi karena model ini tidak termasuk dalam tashwir secara bahasa dan istilah pada zaman nabi. Tashwir macam ini sejatinya hanya berwujud bayangan seperti halnya gambar yang di timbulkan oleh cermin atau air. Animasi Ipin & Upin, Jarwo, dll bisa dikategorikan dalam tashwir fiksi ini. Contoh lain yang masuk dalam tashwir fiksi ialah hasil jepretan foto atau video rekaman yang dihasilkan kamera digital dan DSLR.
Dalam madzhab Maliki dan sebagian ulama’ salaf, mensyaratkan beberapa syarat tashwir yang diharamkan. Pertama, tashwir itu mirip manusia atau hewan yang mempunyai bayangan maksudnya seperti patung yang berjisim ( berbentuk tiga dimensi) berbeda halnya jika berbentuk dua dimensi seperti halnya ukiran di dinding. Kedua, tashwir itu menyerupai manusia atau hewan  secara sempurna. Kecuali kalau terdapat kekurangan seperti manusia setengah badan, atau kepala hewan  yang sekiranya tidak bisa hidup hanya dengan sebagian tubuh saja. Ketiga, tashwir tersebut terbuat dari bahan yang awet, seperti halnya terbuat dari besi, tembaga, kayu yang mana ketika dibanting tidak rubah bentuknya. Terkecualikan dari itu sesuatu yang terbuat dari tanah liat atau adonan karena ketika sudah kering tidak tahan banting.
القول الثّاني : وهو مذهب المالكيّة وبعض السّلف ، ووافقهم ابن حمدان من الحنابلة ، أنّه لا يحرم من التّصاوير إلا ما جمع الشّروط الآتية :الشّرط الأوّل : أن تكون صورة الإنسان أو الحيوان ممّا له ظلّ ، أي تكون تمثالاً مجسّداً ، فإن كانت مسطّحة لم يحرم عملها ، وذلك كالمنقوش في جدار ، أو ورق ، أو قماش. بل يكون مكروهاً. ومن هنا نقل ابن العربيّ الإجماع على أنّ تصوير ما له ظلّ حرام. الشّرط الثّاني : أن تكون كاملة الأعضاء ، فإن كانت ناقصة عضو ممّا لا يعيش الحيوان مع فقده لم يحرم ، كما لو صوّر الحيوان مقطوع الرّأس أو مخروق البطن أو الصّدر. الشّرط الثّالث : أن يصنع الصّورة ممّا يدوم من الحديد أو النّحاس أو الحجارة أو الخشب أو نحو ذلك ، فإن صنعها ممّا لا يدوم كقشر بطّيخ أو عجين لم يحرم ، لأنّه إذا نشف تقطّع (الموسوعة الفقهية الكويتية الجزء الأول صـ 4257)




COMMENTS

Nama

Ala Islam,2,Bahtsul Masail,6,Bilik Kitab Kuning,2,cerpen,15,figur ulama,7,Humor Santri,4,Ipin dan Iman,3,kesehatan,2,LQ Zone,13,Nasihat,6,opini,14,profil santri,3,Puisi,9,Redaksi,2,tajuk utama,20,teknologi,5,Wawancara,1,
ltr
item
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner: HUKUM MEMBUAT ANIMASI
HUKUM MEMBUAT ANIMASI
https://3.bp.blogspot.com/-s5lD2hijTgY/VxMls0LRVaI/AAAAAAAAAXc/ccUCJ7JfzggcIneII_wQsUmdqYEMW-1SACLcB/s200/unnamed.png
https://3.bp.blogspot.com/-s5lD2hijTgY/VxMls0LRVaI/AAAAAAAAAXc/ccUCJ7JfzggcIneII_wQsUmdqYEMW-1SACLcB/s72-c/unnamed.png
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2016/04/hukum-membuat-animasi.html
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/
http://iqro.al-luqmaniyyah.id/2016/04/hukum-membuat-animasi.html
true
5050469009596547954
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy